news
Langganan

Solopos Hari Ini : Berebut Jadi Pendamping MN X - Espos Indonesia dari Solo untuk Indonesia

by Tim Solopos  - Espos.id News  -  Kamis, 4 Juli 2024 - 07:58 WIB

ESPOS.ID - Koran Solopos edisi Kamis (4/7/2024).

Esposin, SOLO—Harian Umum Solopos edisi hari ini, Kamis (4/7/2024), mengangkat headline tentang Partai Gerindra mengklaim partai-partai politik mengerucutkan pilihan pada K.G.P.A.A. Mangkunagoro X, sebagai calon wali kota Solo. Namun, partai-partai itu belum sepakat tentang siapa yang akan menjadi pendampingnya.

Diberitakan Solopos hari ini, Ketua Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Partai Gerindra Solo, Ardianto Kuswinarno, menyebut koalisi besar partai politik (parpol) untuk Pilkada Solo 2024 tinggal selangkah lagi terbentuk. Menurutnya, koalisi tersebut akan mengusung Mangkunagoro X. “Ibaratnya tinggal klik saja. Untuk menjadikan satu frekuensi butuh pertemuan lagi, sehingga dalam waktu dekat akan ada pertemuan,” ujar dia kepada Espos, Rabu (3/7/2024).

Advertisement

Ardianto optimistis 11 parpol akan bergabung koalisi besar. Partai-partai itu adalah Partai Gerindra, Partai Solidaritas Indonesia (PSI), Partai Keadilan Sejahtera (PKS), Partai Amanat Nasional (PAN), Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), dan Partai Golkar.

Selain itu, ada lima parpol non­par­lemen yang akan bergabung, yaitu Partai Demokrat, Partai Per­satuan Pembangunan (PPP), Partai Perindo, Partai Prima, dan Partai Bulan Bintang (PBB). Dia mengakui masih ada tarik ulur dengan Partai Golkar. Ini karena partai beringin itu ingin mengusung ketua DPD mereka, Sekar Tandjung, dalam kontestasi.

Advertisement

Selain itu, ada lima parpol non­par­lemen yang akan bergabung, yaitu Partai Demokrat, Partai Per­satuan Pembangunan (PPP), Partai Perindo, Partai Prima, dan Partai Bulan Bintang (PBB). Dia mengakui masih ada tarik ulur dengan Partai Golkar. Ini karena partai beringin itu ingin mengusung ketua DPD mereka, Sekar Tandjung, dalam kontestasi.

“Partai Golkar masih tarik ulur wajar karena mereka punya srikandi yang juga maju mendaftarkan diri ke Partai Gerindra dan PSI sebagai cawali [calon wali kota],” kata dia. Namun, Ardianto optimistis Partai Golkar pada akhirnya akan bergabung dengan koalisi besar dengan mengusung Mangkunagoro X sebagai calon wali kota Solo. Menurutnya, masih ada waktu yang cukup untuk melakukan pembicaraan itu dengan Partai Golkar.

Menanti Kejutan Kuda Hitam Eropa

BERLIN—Delapan tim memastikan tempat di perempat final Euro 2024. Dari delapan tim tersebut, hanya Swiss dan Turki yang merupakan kuda hitam. Sedangkan enam lainnya adalah kandidat kuat juara Euro 2024. Big match akan tersaji di Mercedes-Benz Arena, Stuttgart, Jumat (5/7/2024), saat tuan rumah Jerman menghadapi Spanyol.

Kedua tim sudah membuktikan diri layak berstatus favorit juara Euro 2024 sejak fase grup. Keduanya selalu tampil konsisten memeragakan sepak bola menyerang. Spanyol bahkan belum pernah terjamah kekalahan di empat laga. La Furia Roja bahkan baru kebobolan satu gol dan mencetak sembilan gol. Pelatih Luis De La Fuente selalu bisa menampilkan penampilan yang stabil dan seimbang.

Advertisement

Direktur Eksekutif Center of Reform on Economics (Core), Mohammad Faisal, mengatakan adanya kesepakatan dagang dalam ASEAN-China Free Trade Agreement (ACFTA) menjadi salah satu penyebab maraknya produk impor asal China di pasar-pasar di ASEAN, termasuk Indonesia.

Sejak diberlakukan pada 2016 lalu, kata dia, banyak produk impor asal China yang masuk ke pasar dalam negeri dikenai tarif bea masuk sangat rendah. “Kita itu terikat ACFTA yang kemudian itulah yang menyebabkan hampir 10 tahun terakhir kita kebanjiran produk China. Bahkan sebagian besar sudah hampir 0% [bea masuk produk China],” ujar Faisal saat dihubungi, Senin (1/7/2024).

Harta Bupati Etik Bertambah Rp1,9 Miliar

SUKOHARJO–Kekayaan Bupati Sukoharjo, Etik Suryani, bertambah Rp1.947.352.431 per 2023. Tahun ini, Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) belum menerima Laporan Harta Kekayaan Penyelanggara Negara (LHKPN) dari Bupati Etik.

Berdasarkan pantauan Espos di laman e-LHKPN, Rabu (3/7/2024), total harta kekayaan Etik saat berstatus sebagai Calon Bupati Sukoharjo sebesar Rp5.867.976.346. Sementara berdasarkan LHKPN Etik yang dilaporkan pada 21 Desember 2021, harta kekayaan orang nomor satu di Sukoharjo tersebut bertambah menjadi Rp6.228.016.890.

Advertisement

Kemudian berasarkan laporan periode yang disampaikan pada 21 Desember 2022, harta kekayaan Etik bertambah sekitar Rp400 juta, tepatnya menjadi Rp.6.693.213.329. Pada laporan 31 Desember 2023 lalu, harta kekayaan Etik ditulis Rp.7.815.328.777. Artinya, pertambahan harta kekayaan istri dari Bupati Sukoharjo Wardoyo Wijaya itu bertambah sekitar Rp1,9 miliar selama tig tahun.

Simak berita di Koran Solopos edisi hari ini, Kamis (4/7/2024), lewat gawai Anda dengan mengakses koran.espos.id. Untuk memulai berlangganan silakan daftar ke Solopos ID dengan harga mulai Rp9.999. Berlangganan Solopos ID, Anda bisa mengakses berita Koran Solopos lewat gadget, membaca konten khas Esposin yaitu Espos Plus, serta menikmati semua berita di Esposin tanpa gangguan iklan.

Bila ada pertanyaan atau kendala mengenai Solopos ID, Anda bisa mengakses Pusat Bantuan atau menghubungi WhatsApp pusat layanan pelanggan SoloposID di 081548554656.

Advertisement
Rohmah Ermawati - Jurnalis Solopos Media Group, menulis konten di media cetak dan media online.
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif