news
Langganan

Solopos Hari Ini: 3 Nama Calon Presiden dari Musra - Espos Indonesia dari Solo untuk Indonesia | Espos.id

by Indah Septiyaning Wardani Wahyu Prakoso Dhima Wahyu Sejati Akbar Evandio  - Espos.id News  -  Senin, 15 Mei 2023 - 08:35 WIB

ESPOS.ID - Koran Solopos edisi Senin (15/5/2023).

Esposin, JAKARTA—Ulasan tentang Presiden Joko Widodo (Jokowi) menerima tiga nama calon presiden (capres) dan calon wakil presiden (cawapres) dari hasil Musyawarah Rakyat (Musra) di Istora Senayan Jakarta, Minggu (14/5/2023), menjadi headline Harian Umum Solopos edisi hari ini, Senin (15/5/2023).

Solopos hari ini membeberkan Ketua Dewan Pengarah Musra Andi Gani Nena Wea mengatakan dari sejumlah nama yang masuk survei di Musra, mengerucut menjadi tiga nama yakni Ganjar Pranowo, Prabowo Subianto, dan Airlangga Hartarto. Sementara tiga nama cawapres yang tersaring adalah Mahfud Md. [Menko Polhukam], Moeldoko [Kepala Staf Presiden], dan Arsyad Rasjid [Ketua Kadin].

Advertisement

Sesuai menerima nama-nama tersebut, Jokowi mengaku masih memilah-milih nama bakal calon presiden (capres) yang akan didukungnya berdasarkan hasil Musyawarah Rakyat yang menghimpun sejumlah organisasi sukarelawan pendukungnya.

Dia pun mengaku masih memberikan partai politik (parpol) waktu untuk menyelesaikan urusan pencalonan tokoh yang akan diusung sebagai presiden dan wakil presiden selanjutnya.

Advertisement

Dia pun mengaku masih memberikan partai politik (parpol) waktu untuk menyelesaikan urusan pencalonan tokoh yang akan diusung sebagai presiden dan wakil presiden selanjutnya.

“Saya sudah mendengar [nama capres] tetapi belum saya buka. Belum saya buka. Jadi, saya terus terang memberikan waktu kepada partai atau gabungan partai untuk menyelesaikan urusan capres-cawapres, apabila sudah baru saya akan [memilih nama capres yang didukung],” ujarnya sembari memberikan gestur memilah-milih saat hadir di Musra di Istora Senayan, Minggu.

Yang Kawakan Bersaing dengan yang Baru

Advertisement

Di Karanganyar, Ketua DPC PPP Karanganyar, Imron Supomo, mencoba kembali di pileg 2024. Hal ini setelah pada periode 2019-2024 dia absen dari kursi parlemen. "Kami akan merebut kembali kursi kami yang sempat hilang di pemilu 2019. Beberapa periode DPRD sejak 1999, PPP tidak pernah absen meski satu kursi," kata dia di sela-sela pendaftaran ke KPU, Minggu (14/5/2023).

PPP mengusung lagi politikus senior, Romdloni di Dapil 4 (Gondangrejo dan Colomadu). Namun PPP juga mengusung orang-orang baru. "Hampir 80% caleg orang-orang baru. Ada pengusaha, pelaku UMKM dan lainnya," katanya.

Partai pendatang baru, PSI, menargetkan lima kursi DPRD. "Kami mendaftarkan 19 bacaleg di lima dapil. Targetnya masing-masing dapil bisa raih satu kursi," kata Ketua DPD PSI Karanganyar Landri Sumarmo.

Advertisement

Di antara caleg PSI ada seorang juru parkir (jukir) di Alun-alun Kidul Solo, Aleg Wahyudi, 40, yang maju di Daerah Pemilihan (Dapil) V (Jaten, Kebakkramat, Tasikmadu). Aleg mengaku tertarik terjun ke politik demi memperjuangkan nasib orang kecil sepertinya serta pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM).

Pemkot Solo Kejar Proses Perizinan SMAN 9

SOLO– Pemerintah Kota Solo mengejar penyelesaian proses perizinan pembukaan SMAN 9 Solo yang berlokasi di SDN Mojo, Kecamatan Pasar Kliwon, Solo. Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka menargetkan SMAN 9 Solo bisa menerima siswa saat Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) 2023.

Advertisement

“SMAN 9 lagi dikejar, tunggu sik ya, tinggal sithik syarate sing durung dadi tapi wis siap [tunggu dulu ya, tinggal sedikit lagi syaratnya yang belum jadi tetapi ini sudah siap],” kata dia kepada wartawan di Balai Kota Solo, Jumat (12/5/2023).

Dia mengatakan PPDB 2023 di Kota Solo sama seperti tahun lalu. Kemungkinan ada penambahan kuota dengan dibukanya SMAN 9 Solo tahun ini. “Ketok e kekejar [kemungkinan sesuai terget pembukaan SMAN 9 Solo untuk PPDB]” ujarnya.

Menurut dia, rencana pembukaan SMAN 9 Solo itu sudah dilakukan bersama Pemerintah Provinsi Jawa Tengah [Jateng]. Gubernur Jateng Ganjar Pranowo selalu mendukung keinginan warga Solo khususnya warga Kecamatan Pasar Kliwon memiliki SMAN.

Advertisement
Rohmah Ermawati - Jurnalis Solopos Media Group, menulis konten di media cetak dan media online.
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif