news
Langganan

SERBA LIMA : Ini Dia 5 Kota Terpintar Di Dunia - Espos Indonesia dari Solo untuk Indonesia

by Redaksi  - Espos.id News  -  Rabu, 25 Maret 2015 - 10:00 WIB

ESPOS.ID - Ilustrasi kota pintar (Forbes.com)

Serba lima kali ini berkaitan dengan kota pintar di dunia. Tentunya kota-kota itu harus nyaman dan aman untuk ditinggali serta melakukan pengembangan teknologi yang bermanfaat bagi warganya.

Esposin, SOLO – Berbagai kota di belahan dunia kini mulai berpikir untuk mewujudkan kota yang aman dan nyaman untuk ditinggali. Salah satunya memiliki program menjadi sebuah kota pintar.

Advertisement

Seperti dilansir Independent, Senin (26/1/2015), sebuah lembaga dunia yang mempelajari pengembangan sosial dan ekonomi, Intelligent Community Forum (ICF), telah merilis daftar kota terpintar di dunia akhir Januari lalu.

ICF menilai beberapa aspek, salah satunya adalah sejauh mana kota tersebut memanfaatkan peralatan dan teknologi digital. Misalnya transportasi umum yang digunakan sudah menggunakan teknologi yang canggih dan memberi efek baik untuk lingkungan dan masyarakat.

Selain itu juga bagaimana kota tersebut mampu menjaga konsisten identitas kultural. ICF juga mengukur prestasi kota dalam hal peningkatan layanan kesehatan, pertumbuhan telekomunikasi, serta penemuan cara baru untuk keberlangsungan pemerintahan.

Advertisement

Berikut lima kota terpintar di dunia versi ICF:

Arlington County

1. Arlington County, Virginia, Amerika Serikat

Kota ini sudah masuk daftar kota terpintar versi ICF di dunia untuk kali ketiga. Kota ini dianggap memiliki perencanaan yang cerdas untuk mengambil sebuah keuntungan bagi kotanya.

Advertisement

Arlington County (Goista.com)

Arlington dikabarkan memiliki sebuah karya inovatif dengan Telecom Master Plan. Itu merupakan sebuah inisiatif untuk melanjutkan pertumbuhan kota di masa depan. Setiap keputusan penggunaan teknologi akan melibatkan pemerintahan dengan sektor bisnis profit dan nonprofit.

Telecom Master Plan dikerjakan bersama Virginia Tech and The Airlington Way. Perencanaan tersebut bertujuan mendorong inovasi di kota yang lokasinya berdekatan dengan Washington DC tersebut.

Columbus City

Advertisement

2.Columbus, Ohio, Amerika Serikat

Columbus (Wikimedia.org)

Ini merupakan predikat kota terpintar yang kali ketiga secara beruntun diraih oleh Colombus. Kota tersebut dianggap mampu mengatasi sebuah tantangan besar yakni pendapatan warga yang rendah hingga keahlian karyawan pabrik yang minim.

Dalam mengatasi hal tersebut Colombus menyelenggarakan sebuah program peningkatan pendidikan, bisnis, dan institusi. Melalui program tersebut telah terjadi pertumbuhan karyawan sebanyak 35% dalam satu dekade terakhir.

Advertisement

Selain itu banyak perusahaan yang tumbuh pesat di kota ini dan mengambil sumber daya setempat. Tercatat pula beberapa perusahaan besar yang masuk Fortune 1000 di AS berada di Colombus.

Kota Ipswich

3. Ipswich, Queensland, Australia

Kota Ipswich (Instantbeds.com)

Ini merupakan predikat pertama yang diraih Ipswich sebagai kota terpintar di dunia versi ICF. Kota tersebut dianggapa sebagai kota terpintar karena dua program teknologi yang digelar pemerintah kota setempat.

Program tersebut adalah Digital Hub dan Digital Enterprise. Program-program itu berupa penyediaan alat bagi warga Kota Ipswich dalam berbisnis serta berketerampilan digital. Kedua program tersebut dianggap mampu membuat Ipswich menjadi salah satu kota pusat bisnis berkelanjutan di Australia.

Advertisement

Selain itu, kedua program tersebut juga dianggap mampu menyiapkan SDM untuk masa depan dengan keterampilan digitalnya. Para warga sudah bisa mencipatakan teknologi terbaru dan mendorong investasi besar di kota tersebut. Saat ini teknologi digital semakin populer di Kota Ipswich

Kota Mitchell

4. Mitchell, South Dakota, Amerika Serikat

Awalnya kota ini hanya berpangku pada sektor pertanian. Namun beberapa dekade lalu, pemerintah setempat membuat sebuah program strategis.

Mitchell (Dailymail.co.uk)

Program tersebut mendorong perluasan sektor teknologi yakni merambah ke dunia pendidikan, kesehatan, infrasturktur, dan rekreasi. Hasilnya, program bernama Vision 2000 itu mampu menciptakan sistem kesehatan terpadu dengan penggabungan beberapa rumah sakit. Selain itu dunia pendidikan juga menjalin kerjasama dengan sektor wisata.

Sebuah universitas di kota itu bermitra dengan salah satu tempat rekreasi lokal untuk meningkatkan pendidikan. Tak hanya itu beberapa pengembangan telekomunikasi menjadikan kota tersebut sebagai pusat regional keahlian dan jasa.

New Taipei City

5. New Taipei City, Taiwan

Ini merupakan prestasi yang cukup membanggakan bagi New Taipei City mengingat kota tersebut baru terbentuk 2010 lalu. Ini merupakan tahun kedua secara berturut-turut kota tersebut menerima predikat kota terpintar di dunia versi ICF telah diranya.

New Taipei City dianggap mampu menarik banyak investasi dengan beberapa proyek jalan tol dan kereta api. Kota tersebut kini memiliki infrastruktur yang cukup baik dan telah dianggap sebagai kota metropolis meski masih berusia belia.

New Taipei City (architecturelab.net)

Program lain yang dijalankan oleh pemerintah kota setempat adalah mitra kerja antara universitas dengan industri. Hal tersebut dianggap sebagai penyediaan lapangan kerja untuk para lulusan. Terbukti hanya sedikit warga kota itu menganggur.

Advertisement
Ahmad Baihaqi - Jurnalis Solopos Media Group, menulis konten di media cetak dan media online.
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif