news
Langganan

Sebanyak 20.455 Jemaah Haji Telah Diberangkatkan ke Tanah Suci - Espos Indonesia dari Solo untuk Indonesia

by Ni Luh Anggela  - Espos.id News  -  Sabtu, 27 Mei 2023 - 22:41 WIB

ESPOS.ID - Ilustrasi menjalankan ibadah haji. (Freepik.com)

Esposin, JAKARTA — Kementerian Agama (Kemenag) melaporkan sebanyak 20.455 jemaah telah diberangkatkan menuju Tanah Suci dalam masa operasional penyelenggaraan ibadah haji hari ke-5, berdasarkan Sistem Informasi dan Komputerisasi Haji Terpadu (Siskohat). 

Kepala Biro Perencanaan Kemenag Ramadhan Harisman menyampaikan, 20.455 jemaah ini  terbagi dalam 53 kelompok terbang (kloter). 

Advertisement

Angka tersebut belum termasuk petugas kloter. “Jumlah tersebut, khusus jemaah. Tidak termasuk petugas kloter yang menyertai. 

Para jemaah ini mendarat di Bandara Amir Muhammad bin Abdul Aziz (AMAA) Madinah,” kata Ramadhan dalam keteranganya, Sabtu (27/5/2023).

Advertisement

Para jemaah ini mendarat di Bandara Amir Muhammad bin Abdul Aziz (AMAA) Madinah,” kata Ramadhan dalam keteranganya, Sabtu (27/5/2023).

Ramadhan menjelaskan, jemaah akan berada di Madinah selama kurang lebih sembilan hari dan meminta para jemaah untuk tetap menjaga kesehatannya.

Imbauan itu utamanya ditujukan kepada jemaah lansia. Jemaah juga diimbau untuk menggunakan alat pelindung diri bagi mereka yang ingin melakukan ibadah di luar pemondokan atau melakukan ziarah di Madinah, mengingat cuaca dan terik matahari. 

Advertisement

Sedangkan, terdapat satu orang jemaah yang meninggal dunia hingga hari ke-5 masa operasional. Sebagaimana diketahui, jemaah haji gelombang 1 telah diberangkatkan ke Madinah. 

Menurut jadwal rangkaian haji 2023, jemaah haji gelombang 1 mulai berangkat secara bertahap pada 24 Mei-7 Juni 2023 ke Madinah. 

Kemudian gelombang kedua akan berangkat ke Jeddah mulai 8-22 Juni secara bertahap. Untuk kepulangan gelombang 1 dijadwalkan pada 4-18 Juli, sedangkan akhir kedatangan jemaah haji gelombang kedua di Indonesia pada 19 Juli-3 Agustus 2023. 

Advertisement
 

Artikel ini telah tayang di Bisnis.com dengan judul "Sebanyak 20.455 Jemaah Haji Telah Diberangkatkan ke Tanah Suci"

Advertisement
Mariyana Ricky P.D - Jurnalis Solopos Media Group, menulis konten di media cetak dan media online.
Kata Kunci : Jemaah Haji Haji 2023
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif