news
Langganan

Puluhan warga Desa Umbulharjo Sleman juga diungsikan - Espos Indonesia dari Solo untuk Indonesia | Espos.id

by Redaksi  - Espos.id News  -  Senin, 25 Oktober 2010 - 16:35 WIB

ESPOS.ID - More than just publish.

Sleman--Proses evakuasi warga di kawasan yang rawan bencana letusan Gunung Merapi terus dilakukan. Kali ini giliran puluhan warga Desa Umbulharjo, Cangkringan, Sleman. Mereka dievakuasi ke lokasi pengungsian sementara, yakni Balai Desa setempat.

Puluhan warga Desa Umbulharjo itu diangkut dengan mobil Range Rover dan kendaraan bak terbuka lainnya. Warga yang diungsikan ini berasal dari Dusun Pangukrejo.

Advertisement

Sebagian besar pengungsi merupakan kaum wanita, anak-anak dan lanjut usia. Mereka saat ini ditempatkan di Balai Desa Umbulharjo.

"Ini gelombang evakuasi pertama dan kita prioritaskan anak-anak, wanita dan Lansia. Kaum pria masih berjaga-jaga di desa mereka," kata Bejomulyo, Kepala Desa Umbulharjo, Senin (25/10).

Bejo menambahkan, proses evakuasi akan terus dilakukan sesuai perkembangan situasi. Menurut Bejo, Pemkab Sleman akan memberikan bantuan berupa bahan pangan dan peralatan memasak.

Advertisement

Seperti dilansir detikcom, fasilitas di tempat pengungsian itu kurang memadai. Para pengungsi hanya tidur beralaskan tikar. Padahal udara di desa tersebut lumayan dingin.

Para pengungsi juga tidak membawa banyak perlengkapan. Rata-rata mereka hanya membawa pakaian ganti saja.

Halaman depan Balai Desa Umbulharjo tersebut dipasangi tenda untuk para pengungsi. Sedangkan bagian belakang, disulap sebagai dapur umum.

Advertisement

dtc/nad

Advertisement
Nadhiroh - Jurnalis Solopos Media Group, menulis konten di media cetak dan media online.
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif