news
Langganan

Prodi PWK ITNY Gelar Sharing Session dengan Alumni Magang MBKM - Espos Indonesia dari Solo untuk Indonesia

by Bc  - Espos.id News  -  Kamis, 19 Januari 2023 - 19:12 WIB

ESPOS.ID - Program Studi Perencanaan Wilayah dan Kota Institut Teknonogi Nasional Yogyakarta (ITNY) melakukan sharing session kegiatan Magang Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) di Student Center kampus setempat, Senin (16/1/2023).

Esposin, JOGJA -- Program Studi Perencanaan Wilayah dan Kota Institut Teknonogi Nasional Yogyakarta (ITNY) melakukan sharing session kegiatan Magang Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) di Student Center kampus setempat, Senin (16/1/2023). Kegiatan ini bertujuan perwujudan komitmen untuk menjaga keberlanjutan implementasi MBKM.

Kegiatan tersebut menghadirkan para alumni magang MBKM yang telah diselenggarakan oleh Prodi PWK ITNY pada 2021 hingga 2023. Kegiatan sharing session ini dibuka oleh Ketua Program Studi PWK ITNY, Yusliana, S.T., M.Eng.

Advertisement

Dalam sambutannya, Ketua Program Studi PWK ITNY mengatakan kegiatan ini bertujuan mengenalkan bentuk pembelajaran di luar Kampus melalui kegitan MBKM. Lebih lanjut Yusliana menjelaskan magang MBKM sudah dilakukan sejak awal 2021 dengan animo yang sangat tinggi dari mahasiswa Prodi PWK ITNY.

“Prodi PWK ITNY telah mengirimkan hampir 100 mahasiswa untuk mengikuti magang, baik bersama mitra ITNY yaitu PT Sinergi Visi Utama, Yayasan Hunian Rakyat Caritra, PT Mitra Geotama, dan LAPAN, maupun melalui program INSPIRING yang merupakan bagian dari program MSIB,”terang Kaprodi PWK ITNY.

Advertisement

Prodi PWK ITNY sendiri memberlakukan proses seleksi bagi mahasiswa yang tertarik untuk mengikuti program magang MBKM. Dalam kondisi tertentu, mitra kerja sama Prodi PWK ITNY juga melakukan proses seleksi bagi mahasiswa Prodi PWK ITNY yang diusulkan untuk menempuh pembelajaran melalui kegiatan magang.

Mahasiswa peserta program magang sendiri merasa bersyukur mendapatkan pengalaman belajar di luar program studi melalui kegiatan magang. Albertus Geru Umbu Pingge, mahasiswa Prodi PWK ITNY asal Kabupaten Sumba Barat mengungkapkan banyak pengalaman dan pembelajaran baru yang diperoleh dari kegiatan magang yang diikuti.

“Melalui kegiatan magang saya dapat mempertajam kemampuan saya dalam melakukan survei, pemetaan, dan pengolahan citra satelit,”terang mahasiswa yang menempuh magang di PT Mitra Geotama Indonesia selama lima bulan ini.

Advertisement

Hal senada juga diungkapkan oleh Annisa Fatria Risada, mahasiswa Prodi PWK ITNY asal Musi Banyuasin, Sumatera Selatan. Ia mengikuti program magang INSPIRING yang merupakan bagian dari program Magang dan Studi Independen Bersertifikat (MSIB) di bawah Kemendikbudristek.

Dalam program magang tersebut, ia terlibat di dalam penyusunan Rencana Detail Tata Ruang (RDTR) di Kabupaten Blitar. “Saya bersyukur dapat diterima dalam program INSPIRING ini karena saya harus bersaing dengan ribuan calon peserta dari seluruh perguruan tinggi di Indonesia,” pungkas mahasiswi yang akrab disapa Nisa ini.

Advertisement
Muh Khodiq Duhri - Jurnalis Solopos Media Group, menulis konten di media cetak dan media online.
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif