news
Langganan

PERDAGANGAN ORGAN : Menkes Ancam Cabut Izin Praktik Dokter yang Terlibat Jual Beli Ginjal - Espos Indonesia dari Solo untuk Indonesia

by Dika Irawan Jibi Bisnis  - Espos.id News  -  Jumat, 5 Februari 2016 - 19:15 WIB

ESPOS.ID - Menteri Kesehatan Nila F. Moeloek (JIBI/Solopos/Antara)

Perdagangan organ yakni ginjal dibongkar oleh polisi dan kini proses hukum terus dilakukan.

Esposin, JAKARTA - Menteri Kesehatan (Menkes) Nila F. Moeloek mengancam akan mencabut izin praktik dokter yang terlibat kasus dugaan jual beli ginjal. Pernyataan itu diungkapkan Menkes sehubungan adanya pengusutan kasus itu oleh penyidik Direktorat Tindak Pidana Umum Bareskrim.

Advertisement

"Kalau terlibat semua akan dilakukan pasti. Tapi kami kedepankan asas praduga tak bersalah, ini harus dibuktikan terlebih dahulu," katanya seusai bertemu Kabareskrim Komjen Pol. Anang Iskandar di Gedung Bareskrim, Jakarta, Jumat (5/2/2016).

Nila mengatakan Kemenkes mendukung pengusutan jual beli ginjal dan praktik serupa lainnya. Lantaran saat ini kasus ginjal yang tengah diusut maka pihaknya siap bekerja sama dengan Bareskrim menyelesaikannya.

Sementara, Anang mengatakan pihaknya akan memilah mana tindakan ilegal dan tidak. Menurut dia transplantasi jelas diizinkan karena upaya menyelamatkan nyawa seseorang.

Advertisement

"Yang bagian ilegal itu bagian kami untuk menemui. Bareskrim akan menemukan siapa yang melakukan langkah ilegal itu," kata mantan Kepala Badan Narkotika Nasional itu.

Seperti diketahui Direktorat Tindak Pidana Umum Bareskrim membongkar kasus penjualan ginjal di Jawa Barat. Penyidik menyebut proses transplantasi ginjal tersebut terjadi di tiga rumah sakit di Jakarta.

Tiga orang telah ditetapkan sebagai tersangka oleh Bareskrim yaitu Yana Priatna alias Amang, Dedi Supriadi bin Oman Rahman dan Kwok Herry Susanto alias Herry.

Advertisement

Ketiga pelaku dijerat dengan Pasal 2 ayat (2) Undang-Undang Nomor 21 Tahun 2007 tentang TPPO juncto Pasal 62 ayat (3) Undang-Undang Nomor 36 Tahun 2009 tentang Kesehatan.

Advertisement
Rohmah Ermawati - Jurnalis Solopos Media Group, menulis konten di media cetak dan media online.
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif