news
Langganan

Penyelesaian Pelanggaran HAM Masuk Visi Misi Ganjar dan Anies, Prabowo Tidak - Espos Indonesia dari Solo untuk Indonesia | Espos.id

by Surya Dua Artha Simanjuntak, Erta Darwati  - Espos.id News  -  Kamis, 2 November 2023 - 17:36 WIB

ESPOS.ID - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengundang seluruh calon presiden (capres) untuk makan siang di Istana Merdeka, Senin (30/10/2023). Prabowo Subianto, Anies Baswedan, dan Ganjar Pranowo memberi keterangan kepada pewarta. (Solopos.com/Tangkapan Layar Kompas TV)

Esposin, JAKARTA — Program penyelesaian pelanggaran Hak Asasi Manusia (HAM) masa lalu tidak tercantum dalam visi-misi pasangan calon presiden (capres) Prabowo Subianto dan calon wakil presiden (cawapres) Gibran Rakabuming Raka.  

Hal itu membuat Prabowo-Gibran menjadi satu-satunya pasangan calon (paslon) yang tidak mencantumkan penyelesaian pelanggaran Hak Asasi Manusia (HAM) masa lalu.  

Advertisement

Dilansir Bisnis.com, adapun di dalam misi Prabowo-Gibran terkait dengan HAM, hanya menjanjikan perlindungan HAM untuk warga negara dan menghapus diskriminasi. 

Selain itu, paslon tersebut juga membuat program untuk menjamin pemenuhan hak dasar masyarakat dan kelompok rentan hingga perlindungan untuk tenaga kerja.  

Advertisement

Selain itu, paslon tersebut juga membuat program untuk menjamin pemenuhan hak dasar masyarakat dan kelompok rentan hingga perlindungan untuk tenaga kerja.  

Sementara itu, lain hal dengan paslon Ganjar Pranowo dan Mahfud MD, dan paslon Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar (Cak Imin).  

Paslon Ganjar-Mahfud juga berkomitmen untuk berupaya menyelesaikan pelanggaran HAM masa lalu secara adil.  

Advertisement

Selain itu, Anies-Cak Imin ini juga mendorong pemulihan bagi korban pelanggaran HAM dalam sisi sosial dan ekonomi, serta menguatkan lembaga HAM nasional. 

Sementara, jubir bakal capres Prabowo Subianto, Dahnil Anzar Simanjuntak, menyatakan pasangan capres-cawapres Prabowo-Gibran akan berkomitmen penuh pada hak asasi manusia (HAM). 

Dahnil membantah pasangan Prabowo-Gibran tidak menyertakan pelanggaran HAM berat masa lalu dalam dokumen visi-misinya. Meski tidak menyertakan itu secara harfiah, namun sudah tercantum dalam misinya yang pertama. 

Advertisement

"Dari awal Pak Prabowo bicara terkait dengan HAM itu jadi komitmen. Bahkan kalau Anda perhatikan di Asta Cita itu, itu bagian pertama," ujar Dahnil di Gedung Pakarti Center, Jakarta Pusat, Kamis (2/11/2023). 

Dalam 8 misi Asta Cita-nya, pada poin pertama pasangan Prabowo-Gibran menyatakan akan 'Memperkokoh ideologi Pancasila, demokrasi, dan hak asasi manusia.' 

Oleh sebab itu, dia menyatakan pasangan Prabowo-Gibran memiliki komitmen serius atas HAM karena sudah dimasukkan ke dalam dokumen visi-misinya yang diserahkan ke Komisi Pemilihan Umum (KPU). 

Advertisement

"Jadi terkait dengan HAM itu adalah bagian penting, bahkan itu menjadi roh dari program Pak Prabowo dan Mas Gibran," kata Dahnil.

 

Artikel ini telah tayang di Bisnis.com dengan judul "Penyelesaian Pelanggaran HAM Tidak Masuk Visi Misi, Jubir Prabowo Beri Penjelasan”

Advertisement
Mariyana Ricky P.D - Jurnalis Solopos Media Group, menulis konten di media cetak dan media online.
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif