by Redaksi - Espos.id News - Kamis, 16 Februari 2012 - 16:33 WIB
SOLO--Mobil irit diprediksi bakal laris manis di triwulan I/2012. Hal itu merujuk pada rencana pembatasan atau kenaikan harga bahan bakar minyak (BBM) bersubsidi yang didengungkan akan terealisasi April.
Tak hanya mobil irit, rencana pembatasan BBM bersubsidi juga diyakini akan mendorong masyarakat membeli mobil sebelum April. Atas alasan itu, Pioneer Visual kembali menghelat pameran produk otomotif untuk kali kedua. Pameran bertajuk Gebyar Otomotif Fair 2012 yang diadakan di Solo Grand Mall (SGM), Kamis-Selasa (16-28/2) tersebut menggandeng lima diler, satu penyedia aksesoris mobil, dan tiga merek sepeda motor.
Direktur Pioneer Visual, Sarmin, mengatakan rencana pembatasan BBM akan mendorong masyarakat cenderung memilih mobil irit. Mobil-mobil dengan cc kecil, atau lebih dikenal dengan city car, akan menjadi primadona. “Diler mobil, juga motor yang ikut dalam pameran kami hampir semuanya menawarkan produk irit. Mobil dengan cc kecil, 1.000 cc sampai 1.300 cc, banyak ditawarkan. Motor juga, seperti Suzuki menawarkan motor matic irit, Nex,” terang Sarmin, saat dijumpai wartawan, di SGM, Kamis (16/2/2012).
Pameran kali kedua yang dihelat Pioneer bersama SGM ini menghadirkan lima diler, yakni Kia, Honda, Daihatsu, Toyota dan Hyundai. Sedangkan dari motor, ikut serta Suzuki, Minerva dan Piaggio. Dan, aksesoris mobil tampil Audio Technica. Sarmin didampingi Executive Directur Pioneer, Eka Nurhidayati, memastikan semua peserta pameran otomotif bakal menampilkan penawaran menarik yang sayang dilewatkan.
Hal serupa diakui Branch Manager (BM) Daihatsu Solo, Guntur Riswadi. Dihubungi Esposin, Kamis, Guntur menyatakan di pameran kali ini akan menonjolkan mobil dengan cc kecil yang dipastikan irit. Salah satunya Xenia, dengan silinder 1.000 cc. Selain irit, saat seperti ini, mobil dengan kapasitas besar juga diyakini akan jadi favorit. “Xenia punya 1.000 cc. Yang lain hadir dengan cc lebih tinggi, 1.300 cc atau 1.500 cc,” ujar dia.
Di sisi lain, tak hanya menampikan produk, setiap akhir pekan (Sabtu & Minggu), Pioneer dan SGM juga mengadakan bagi-bagi gift yang dikemas sekaligus dengan edukasi kustomer. Public Relation Officer SGM, Septiarona Sulviarineta (Rona), mengatakan pada Sabtu-Minggu akan ada bagi-bagi gift bagi pengunjung mal yang bisa menjawab games yang dipandu MC acara. Sesi bagi-bagi gift ini diharapkan turut membantu penjualan produk otomotif selama pameran.
(JIBI/SOLOPOS/Tika Sekar Arum)