news
Langganan

Ogah Makan, Manusia Tertua Asal Sragen Mbah Gotho Dilarikan ke RS - Espos Indonesia dari Solo untuk Indonesia

by Redaksi  - Espos.id News  -  Rabu, 12 April 2017 - 11:10 WIB

ESPOS.ID - Manusia tertua asal Sragen Mbah Gotho dirawat di ruang UGD RSUD dr. Soehadi Prijonegoro Sragen, Rabu (12/4/2017). (Moh. Khodiq Duhri/JIBI/Solopos)

Mbah Gotho dilarikan ke RS karena lemas.

Esposin, SRAGEN -- Manusia tertua asal Sragen, Mbah Gotho, dilarikan ke rumah sakit, Rabu (12/3/2017) pagi. Pria berusia 146 tahun bernama lengkap Suparman Sodimedjo itu dirujuk ke RSUD dr. Soehadi Prijonegoro Sragen karena kondisinya lemas.

Advertisement

Wartawan Solopos, Moh Khodiq Duhri, melaporkan Mbah Gotho hingga Rabu pukul 10.55 WIB masih dirawat di Ruang Unit Gawat Darurat (UGD) RSUD dr. Soehadi Prijonegoro Sragen. Berdasarkan pantauan, Mbah Gotho yang selama ini tinggal di Desa Cemeng, Kecamatan Sambungmacan, Sragen, itu terlihat masih sadar namun kondisinya tampak lemas.

Cucu Mbah Gotho, Suryono, mengatakan Mbah Gotho sudah sepekan tak doyan makan. Dia menuturkan Mbah Gotho habis kedatangan tamu tim dokter dari Amerika Serikat (AS) yang bermaksud melakukan sejumlah tes terhadapnya, Minggu-Selasa (9-11/4/2017).

"Tes itu meliputi tes DNA, tes urine, dan tensi darah," kata Suryono yang dijumpai di RSUD. Tes itu, kata dia, dilakukan untuk memastikan usia Mbah Gotho yang akan dicatatkan ke dalam buku rekor dunia.

Advertisement

Dia menjelaskan sebelum diperiksa tim dokter dari Amerika itu, Mbah Gotho sudah tak mau makan. Dia mengatakan berdasarkan penuturan salah satu dokter dari AS itu, Eric, kondisi Mbah Gotho biasa dan tekanan darahnya normal.

Namun pada Rabu pagi tadi kondisi Mbah Gotho semakin lemas sehingga pihak keluarga memutuskan membawanya ke Puskesmas Sambungmacan yang kemudian dirujuk ke RSUD.

 

Advertisement

 

Advertisement
Rohmah Ermawati - Jurnalis Solopos Media Group, menulis konten di media cetak dan media online.
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif