news
Langganan

MUDIK AMAN, Ini yang Harus Dilakukan Pemudik - Espos Indonesia dari Solo untuk Indonesia | Espos.id

by Jibi Solopos Dtc  - Espos.id News  -  Sabtu, 4 Agustus 2012 - 10:02 WIB

ESPOS.ID - Ilustrasi, mudik (JIBI/SOLOPOS/detikcom)

JAKARTA-Aksi kejahatan sering terjadi ketika jelang Lebaran bersamaan ritual mudik. Polda Metro Jaya memberikan sejumlah imbauan pada warga Jakarta. Rumah-rumah yang ditinggalkan harus dipastikan dalam kondisi aman.

Advertisement

Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Rikwanto mengatakan, kejahatan saat warga mudik memang kerap terjadi. Karena itu, ada sejumlah hal yang harus dilakukan sebelum berangkat ke kampung.

"Pertama, jangan tinggalkan barang berharga," kata Rikwanto saat berbincang lewat telepon, Sabtu (4/8/2012). Barang berharga hanya akan memancing pencuri beraksi.

Selain itu, Rikwanto juga mengimbau agar masyarakat menitipkan rumah pada petugas jaga atau Siskamling. Bila ada petugas kepolisian, warga juga jangan ragu untuk meminta pengamanan.

Advertisement

"Kita juga nanti akan patroli," tambahnya.

Sebelum mudik, Rikwanto juga mengimbau agar warga memperhatikan masalah listrik dan alat-alat elektronik. Dia menyarankan, sebaiknya rumah hanya ditinggal dengan lampu menyala saja. Peralatan listrik lain sebaiknya dicabut.

"Supaya jangan sampai terjadi kebakaran," pesan Rikwanto.

Advertisement

Diperkirakan pada musim mudik ini, jutaan warga Jakarta akan kembali ke kampung. Berdasarkan data kepolisian, kejahatan yang marak terjadi saat musim Lebaran adalah pencurian rumah kosong.

Advertisement
Arif Fajar Setiadi - Jurnalis Solopos Media Group, menulis konten di media cetak dan media online.
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif