news
Langganan

LEBARAN, Sepur Klutuk Jaladara Laris Manis - Espos Indonesia dari Solo untuk Indonesia | Espos.id

by Jibi Solopos Hijriyah Al Wakhidah  - Espos.id News  -  Selasa, 21 Agustus 2012 - 16:51 WIB

ESPOS.ID - (JIBI/SOLOPOS/dok)

SOLO—Tiket ritel Sepur Kluthuk Jaladara yang ditawarkan sejumlah pelaku pariwisata Solo selama musim Lebaran tahun ini laris manis.

Advertisement

Rencana awal, Jaladara akan jalan tiga trip, pada Rabu, Kamis dan Sabtu pekan ini. Tetapi, karena permintaan tinggi maka Jaladara siap jalan lima trip. Penambahan trip terjadi pada Selasa (21/8/2012) pukul 10.00 WIB dan pada Rabu (22/8) Jaladara akan jalan dua trip, pukul 10.00 WIB dan 13.30 WIB.

Kelima perjalanan Sepur Kluthuk Jaladara itu di rancang oleh beberapa pelaku swasta, di antaranya Sinergi Event yang mengkombinasikan paket Jaladara dengan menonton Sendratari Ramayana di Taman Balekambang. Kemudian event organizer (EO) Jaladara dari Tourism Information Center (TIC) Patrick Orlando serta manajemen Roti Ganep.

Direktur Sinergi Event, Daryono menyampaikan permintaan tiket ritel Jaladara dinilai jauh diatas ekspektasi, setelah pihaknya memutuskan untuk menambah trip perjalanan. Pada perjalanan pertama Selasa (21/8/2012), load factor Sepur Kluthuk Jaladara mencapai 100%.

Advertisement

“Penuh. Hari ini kami bawa sekitar 80-an penumpang. 80% penumpang berasal dari Jakarta. Sisanya, dari Surabaya bahkan ada yang dari Jepang,” kata Daryono, saat ditemui Esposin, di sela-sela perjalanan Sepur Kluthuk Jaladara, Selasa.

Untuk trip kedua Rabu pagi, kata dia, load factor juga sudah penuh. “Sementara, untuk trip ketiga Rabu siang baru ada pesanan sekitar 10-20 calon penumpang. Kami berharap, untuk trip ketiga juga penuh. Biarpun nanti hanya 10-20 penumpang, mereka pasti tetap bisa menikmati sensasi Jaladara.”

Pada kesempatan kemarin, penumpang Sepur Kluthuk Jaladara tidak hanya bisa naik kereta uap tetapi juga menyambangi tempat-tempat menarik lainnya seperti Lojigandrung dan Kampung Batik Kauman. Dia juga menyebutkan, mayoritas penumpang siap memanfaatkan paket wisata Jaladara itu dengan menonton Sendratari Ramayana di Taman Balekambang, Kamis (23/8) malam.

Advertisement

Sementara, Patrick Orlando yang menjual tiket ritel Jaladara untuk perjalanan Kamis (23/8), juga menyampaikan animo pasar terhadap moda transportasi khas Solo ini sangat luar biasa. “Kamis besok saya bawa 23 grup dari Bandung,” kata dia, saat ditemui pada kesempatan yang sama. Dengan animo yang tinggi itu, dia optimstis perjalanan Jaladara pada Kamis dan Sabtu (25/8) juga akan penuh.

Marketing&Promotion Roti Ganep, Emi Yuniawati menambahkan saat ini pihaknya sudah menerima pesanan tiket Jaladara untuk hari Sabtu sebanyak 30 calon penumpang. “Kami akan menyediakan paket lengkap perjalanan Sepur Kluthuk Jaladara. Selain mengunjungi Kampung Batik Kauman, di dalam kereta kami juga menampilkan hiburan siteran dan sajian minum jamu,” kata Emi.

Advertisement
Arif Fajar Setiadi - Jurnalis Solopos Media Group, menulis konten di media cetak dan media online.
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif