news
Langganan

KURS RUPIAH : Rupiah Melemah Jelang Pelantikan Trump - Espos Indonesia dari Solo untuk Indonesia

by Renat Sofie Andriani Jibi Bisnis  - Espos.id News  -  Jumat, 20 Januari 2017 - 09:25 WIB

ESPOS.ID - Ilustrasi uang kertas rupiah (Endang Muchtar/JIBI/Bisnis)

Kurs rupiah dibuka hari ini melemah 0,13% atau 17 poin.

Esposin, JAKARTA-- Pergerakan nilai tukar rupiah dibuka melemah 0,13% atau 17 poin ke Rp13.393/US$ pada perdagangan hari ini, Jumat (20/1/2017).

Advertisement

Kamis (19/1/2017) kemarin, nilai tukar rupiah ditutup melemah 29 poin atau 0,22% ke posisi Rp13.376/US$ setelah diperdagangkan pada kisaran Rp13.347 – Rp13.392/US$.

Ekonom Samuel Sekuritas Indonesia Rangga Cipta mengatakan rupiah yang berbalik melemah ikut tertekan ketidakpastian global yang kembali menjelang pelantikan Trump sebagai Presiden Amerika Serikat (AS) pada Jumat. Sementara itu, kemarin indeks dolar AS kembali ditutup menguat.

Dolar AS menguat sehari menjelang pelantikan Donald Trump, didukung oleh kenaikan imbal hasil obligasi pemerintah dan penurunan euro setelah Gubernur ECB Mario Draghi mengatakan belum ada tanda-tanda yang meyakinkan dari tren inflasi.

Advertisement

Indeks dolar AS, yang melacak pergerakan greenback terhadap mata uang utama lainnya, ditutup menguat 0,22% atau 0,22 poin ke level 101,15 pada perdagangan Kamis.

Seperti dilansir Bloomberg, kenaikan dolar AS didukung oleh kenaikan imbal hasil obligasi pemerintah menyusul data ekonomi AS yang menunjukkan jumlah rumah baru meningkat lebih dari perkiraan, bersamaan bersama dengan penurunan klaim pengangguran mingguan ke level terendah sejak 1970-an.

Advertisement
Advertisement
Haryo Prabancono - Jurnalis Solopos Media Group, menulis konten di media cetak dan media online.
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif