news
Langganan

KORUPSI KORLANTAS: Diam-Diam Pimpinan KPK Terus Lobi Kapolri - Espos Indonesia dari Solo untuk Indonesia

by Mahmudi Restyanto Jibi Bisnis Indonesia  - Espos.id News  -  Selasa, 7 Agustus 2012 - 19:14 WIB

ESPOS.ID - Ketua KPK, Abraham Samad (kanan) saat bertemu dengan Kapolri Jenderal Pol Timur Pradopo belum lama ini. Menyikapi polemik yang terus berkembang terkait kewenangan penyidikan kasus digaan korupsi di Korlantas, pimpinan KPK ternyata terus menjalin komunikasi dengan Mabes Polri. (JIBI/SOLOPOS/Antara)

JAKARTA - Diam-diam para pimpinan KPK terus melakukan koordinasi dan komunikasi dengan Mabes Polri untuk menyelesaikan polemik terkait penyidikan dugaan kasus korupsi pengadaan alat driving simulator ujian SIM (Surat Izin Mengemudi) di Korps Lalu Lintas (Korlantas) Polri. Hal ini diungkapkan oleh salah satu pimpinan KPK, Bambang Widjojanto.

Menurut dia, Senin malam kemarin terjadi pertemuan tertutup antara Kapolri dengan Pimpinan KPK. “Itu fakta kalau Kapolri ketemu Abraham Samad. Pimpinan KPK sebagian berkomunikasi dengan Kapolri untuk membangun koordinasi, hasilnya koordinasinya berlangsung terus,” papar Bambang Widjojanto di gedung KPK, Selasa (7/8/2012).

Advertisement

Namun Bambang membantah bahwa KPK masih tersandera dengan sikap Polri saat ini. Menurutnya, pemeriksaan masih terus berjalan khususnya beberapa saksi yang sudah mulai diperiksa. Sedangkan tersangka Irjen Pol Djoko Susilo sendiri pada saat yang tepat akan diperiksa oleh tim penyidik KPK.

“Kalau kita [KPK] tersangka yang belum ditahan pada saatnya akan ditahan kalau diperlukan,” pungkasnya.

Kasus Korlantas ini sampai saat ini masih simpang siur siapa yang akan menanganinya. KPK menyatakan mereka lebih berhak karena sesuai UU KPK pasal 50 ayat 1, 2 dan 3 bahwa bila KPK melakukan penyidikan maka instansi lain harus memberhentikan penyidikannya.

Advertisement

Di sisi lain Polri bersikukuh bahwa mereka yang akan melakukan terhadap penyidikan yang diduga merugikan negara hingga Rp 100 miliar tersebut.

Advertisement
Advertisement
R. Bambang Aris Sasangka - journalist, history and military enthusiast, journalist competency assessor and trainer
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif