news
Langganan

KIRAB 1 SURA : Inilah Rute Kirab Malam Nanti - Espos Indonesia dari Solo untuk Indonesia | Espos.id

by Fajar Tulus Widiantoro Jibi Solopos  - Espos.id News  -  Senin, 4 November 2013 - 05:30 WIB

ESPOS.ID - Kirab 1 Sura Solo (JIBI/Solopos/Dok)

Esposin, SOLO – Kirab 1 Sura digelar Senin (4/11/2013) malam hingga Selasa (5/11/2013) dini hari nanti. Wakil Pengageng Sasana Prabu Keraton Solo, K.R.M.H. Suryo Kusumo Wibowo

Ia menjelaskan Kirab 1 Sura dimulai pukul 00.00 WIB Kori Kamandungan menuju Brojonolo. Kemudian dilanjutkan menuju arah Pasar Klewer.

Advertisement

Dari Pasar Klewer menuju ke arah Alun-alun Utara dilanjutkan ke arah Jl. Jenderal Sudirman. Setelah itu diteruskan ke arah Pertigaan Loji Wetan Jl. Kapten Mulyadi terus menuju ke arah Selatan.

Setelah sampai di simpang empat Baturono, kirab ditujukan ke arah Barat menuju arah simpang empat Gemblegan. Setelah itu, kirab mengarah ke Utara menuju Jl. Slamet Riyadi lalu ke Timur menuju Patung Slamet Riyadi. Selanjutnya, kembali menuju ke Kori Kamandungan melalui jalan Alun-alun Utara yang diperkirakan sampai pada pukul 04.00 WIB.

“Sebelum kirab, akan ada wilujengan atau doa bersama di bangsal Maligi pada pukul 21.00 WIB. Pukul 23.30 WIB, Pengageng Sentono Dalem, K.G.P.H Puger akan memanggil para pembawa pusaka hingga menjelang kirab berlangsung,” jelasnya.

Advertisement

Salah seorang abdi dalem keraton yang akrab di sapa Ibu Gini kepada Esposin mengatakan dirinya nanti akan ikut kirab 1 Sura. Ia mengatakan sebelumnya tidak ada persiapan apa-apa menjelang kirab nanti. Karena, kirab sudah menjadi hal biasa bagi dirinya.

“Setiap hari pekerjaannya mondar-mandir di keraton seperti ini, sudah seperti kirab. Kalau kirab nanti jalannya lebih enak, karena dilakukan pada malam hari, jadi jalan aspalnya tidak panas,” pungkasnya.

Advertisement
Advertisement
Rini Yustiningsih - Jurnalis Solopos Media Group, menulis konten di media cetak dan media online.
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif