news
Langganan

Kelelahan Luar Biasa, Apa Sakit Luhut Binsar Pandjaitan? Ini Katanya - Espos Indonesia dari Solo untuk Indonesia | Espos.id

by Mariyana Ricky P.d  - Espos.id News  -  Rabu, 11 Oktober 2023 - 11:22 WIB

ESPOS.ID - Menteri Koordinator Bidang Maritim dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan. (Istimewa/Instagram pribadi)

Esposin, SINGAPURA — Menteri Koordinator Bidang Maritim dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan akhirnya menjelaskan apa sakitnya seusai dikabarkan dibawa ke rumah sakit di Singapura, Jumat (6/10/2023) pekan lalu.  

Lewat akun Instagram pribadinya @luhut.pandjaitan, Luhut membagikan cerita awal mula dirinya disarankan untuk bedrest selama beberapa hari karena sakitnya. 

Advertisement

Adapun, kondisi kesehatannya melemah setelah menghadiri suatu kegiatan. 

"Tiba-tiba saya merasa kelelahan yang amat luar biasa. Rasa lelah ini tak seperti yang biasa saya rasakan selepas bekerja," kata Luhut, Selasa (10/10/2023).

Advertisement

"Tiba-tiba saya merasa kelelahan yang amat luar biasa. Rasa lelah ini tak seperti yang biasa saya rasakan selepas bekerja," kata Luhut, Selasa (10/10/2023).

Saat itu, istri Luhut, Devi Simatupang langsung membawa sang suami ke salah satu rumah sakit di Jakarta untuk tindakan preventif lebih lanjut. 

Hasil pemeriksaan dinilai kurang bagus hingga Luhut disarankan tim dokter untuk tidak beraktivitas seperti biasa.

Advertisement

Luhut mengungkap rasa kebosanan yang menimpanya ketika berada di rumah sakit selama beberapa hari terakhir. 

Apalagi, mengingat Luhut merupakan sosok yang tampak aktif berkegiatan. Namun, dia meyakini keputusan dokter dan sang istri merupakan yang terbaik untuknya.  

Saya memahami bahwa tugas dan tanggung jawab sebagai pejabat mutlak diketahui oleh publik, untuk itu saya merasa perlu untuk berbagi kabar mengenai kondisi saya," tuturnya.  

Advertisement

Di samping itu, Luhut juga mengaku mendapat tawaran dari Senior Minister To Chee Hean untuk menjalani tahap pemulihan di Singapura. 

Tawaran tersebut pun diterimanya karena hal ini memungkinkan untuk pemeriksaan medis dan evaluasi yang lebih komprehensif terkait kondisi kesehatannya.  

Luhut mengungkap rasa syukur atas banyaknya cinta, bentuk perhatian, dan doa yang terus dilantunkan untuknya selama sakit. 

Advertisement

Luhut juga menyampaikan pesan khusus kepada Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang telah mengerahkan tim dokter kepresidenan beserta perawat untuk merawat Menko Marves itu.  

"Saya ingin menyampaikan rasa terima kash yang sebesar-besarnya terkhusus kepada Presiden @jokowi yang sudah memberikan tim dokter kepresidenan beserta perawat untuk merawat saya hingga sampai pada kondisi yang telah membaik saat," ungkapnya.  

Menurutnya, di saat-saat seperti ini, dukungan dan doa dari keluarga, teman-teman, serta seluruh masyarakat Indonesia merupakan kekuatan untuk tetap semangat agar pulih kembali.  

"Thank you for all the love and support that you have given to me. Karena sebagai makhluk lemah, saya hanya mampu berusaha dan berdoa, biarlah Tuhan YME yang membalas niat, doa, dan perbuatan baik anda semua," pungkasnya. 

Advertisement
Mariyana Ricky P.D - Jurnalis Solopos Media Group, menulis konten di media cetak dan media online.
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif