news
Langganan

Kapolda Sumut: Kelompok bersenjata belum ada kKaitan dengan teroris - Espos Indonesia dari Solo untuk Indonesia | Espos.id

by Redaksi  - Espos.id News  -  Senin, 4 Oktober 2010 - 09:17 WIB

ESPOS.ID - More than just publish.

Jakarta--Kapolda Sumatera Utara Irjen Pol Oegroseno belum melihat ada keterkaitan antara kelompok bersenjata Serdang Bedagai dan jaringan teroris. Kapolda masih menilai para pelaku terkait perampokan Bank CIMB Niaga.

"Kalau saya berangkat dari TKP, mereka masih (terkait) kriminal. Kalau kaitan dengan teroris sulit," ujar Oegroseno, Senin (4/10).

Advertisement

Menurut Oegro, tak mudah membuktikan keterlibatan kelompok bersenjata dengan teroris. Pihaknya mempersilakan Densus 88 memeriksa keterlibatan para pelaku.

"Kalau Densus mau periksa silakan. Yang jelas dari yang saya amati di TKP semuanya masih kita duga kuat terkait perampokan. Kalau terkait teroris biar Densus nanti yang membuktikannya," jelasnya.

Oegro menjelaskan dari keterangan pelaku hidup belum ditemukan indikasi mereka terkait teroris. Umumnya pelaku perampokan berprofesi sebagai buruh di Pelabuhan Belawan. "Ngakunya buruh. Ada juga yang pengangguran," ujarnya.

Advertisement

Terkait kemahiran pelaku menggunakan senjata, Oegro mengatakan itu bisa diperoleh dari latihan rutin. "Bisa saja si Taufik (otak perampokan) bikin tempat latihan di areal tambaknya. Di sana dia latihan loncat, nembak dan sebagainya. Yang mahir menggunakan senjata kan hanya 4 orang saja termasuk Taufik. Kalau lainnya hanya tukang bawa peluru dan magazen saja," tandasnya.

Ditemukannya senjata M-16 dari pelaku, lanjutnya, memperkuat dugaan kelompok bersenjata terkait perampokan CIMB Niaga, 18 Agustus lalu. Sebab senpi M-16 itu identik dengan senjata Briptu Immanuel Simanjutak yang dirampas perampok.

Sejak Sabtu (2/10), Polda Sumut dibantu TNI dan masyarakat berhasil menangkap sembilan anggota kelompok bersenjata di Serdang Bedagai, Sumut. Enam orang dinyatakan tewas terkena tembakan, tiga masih hidup. Saat ini polisi terus memburu lima  anggota kelompok bersenjata lainnya yang masih bersembunyi.

Advertisement

dtc/try

Advertisement
Triyono - Jurnalis Solopos Media Group, menulis konten di media cetak dan media online.
Kata Kunci : Oegroseno
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif