news
Langganan

Kapal Patroli TNI AL Buatan Dalam Negeri Diluncurkan

by R. Bambang Aris Sasangka  - Espos.id News  -  Rabu, 18 September 2024 - 18:48 WIB

ESPOS.ID - Kapal patroli lepas pantai yang akan memperkuat TNI AL menjelang peluncuran di galangan kapal PT Daya Radar Utama di Bandar Lampung, Lampung. Foto diambil dari Instagram Kementerian Pertahanan.

Esposin, BANDAR LAMPUNG – Industri pertahanan dalam negeri kembali mencatatkan prestasi dengan peluncuran kapal patroli lepas pantai terbaru. Kapal produksi PT Daya Radar Utama itu bakal digunakan oleh TNI Angkatan Laut.

Peluncuran dilakukan di dermaga PT Daya Radar Utama di Bandar Lampung, Provinsi Lampung, oleh Staf Ahli Menteri Pertahanan Bidang Politik, Mayjen TNI Nugroho Sulistyo Budi. Sebagai catatan, kegiatan peluncuran kapal merupakan salah satu tolok ukur penting pembangunan kapal. Peluncuran menandai kali pertama kapal berada di air.

Advertisement

"Atas nama Menteri Pertahanan, saya dan seluruh jajaran Kementerian Pertahanan dan TNI Angkatan Laut menyampaikan penghargaan dan ucapan terima kasih atas kerja sama dan kerja keras yang dilakukan PT. Daya Radar Utama beserta staf, serta Satuan Tugas Yekda dalam negeri Kapal OPV 90M, sehingga mampu menunjukkan kemampuan yang patut diapresiasi dengan selesainya pembangunan kapal yang sesuai kontrak,” ujar Nugroho yang membacakan sambutan Kepala Badan Perencanaan Pertahanan Kemenhan, seperti dikutip dari akun Instagram Kemenhan @kemhanri.

Kapal patroli lepas pantai atau offshore patrol vessel (OPV) ini disebut OPV 90M, merujuk pada ukuran panjangnya yang mencapai 90 meter. Pembangunan kapal OPV 90 ini merupakan wujud kontribusi Kemhan dalam mendukung kemandirian industri pertahanan dalam negeri, untuk meningkatkan laju perekonomian nasional dan kesejahteraan rakyat Indonesia.

Advertisement
Advertisement
Advertisement
R. Bambang Aris Sasangka - journalist, history and military enthusiast, journalist competency assessor and trainer
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif