news
Langganan

KABINET KERJA JOKOWI-JK : Jokowi Instruksikan Bakamla, BNN, dan BNPT Fokus Bekerja - Espos Indonesia dari Solo untuk Indonesia

by Lili Sunardi Jibi Bisnis  - Espos.id News  -  Senin, 21 September 2015 - 16:15 WIB

ESPOS.ID - Presiden Joko Widodo alias Jokowi dengan seragam Kostrad (JIBI/Solopos/Antara/Nova Wahyudi)

Kabinet kerja Jokowi-JK ini terkait instruksi Jokowi untuk Bakamla, BNN, dan BNPT.

Esposin, JAKARTA — Presiden Joko Widodo (Jokowi) sebelum rapat terbatas, Senin (21/9/2015), menginstruksikan Badan Keamanan Laut (Bakamla), Badan Narkotika Nasional (BNN), dan Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT), fokus melaksanakan tugas dan fungsinya.

Advertisement

Jokowi mengatakan pencurian ikan, persoalan narkoba, dan terorisme menjadi permasalahan yang harus diselesaikan. Untuk itu, diperlukan penguatan kelembagaan dari Bakamla, BNN, dan BNPT, agar dapat menjalankan fungsinya secara optimal.

“Pentingnya penguatan kelembagaan, dan langkah nyata, agar semua bisa bergerak fokus pada titik uang sama, dan menyelesaikan persoalan pencurian ikan, narkoba, serta terorisme,” kata Jokowi di Kantor Presiden, Jakarta, Senin (21/9/2015).

Presiden menuturkan Bakamla memiliki peran strategis dalam menghadapi ancaman terhadap sumber daya laut dan perikanan, karena memiliki tugas melakukan patroli keamanan, serta keselamatan di wilayah perairan Indonesia.

Advertisement

Menurutnya, BNN juga harus berperan optimal terhadap pemberantasan narkoba, karena pemerintah telah menyatakan perang terhadap zat adiktif tersebut.

Sementara itu, BNPT sangat strategis dalam mewujudkan kepentingan nasional dalam bidang pencegahan dan penanggulangan terorisme. Pasalnya, BNPT merupakan pelaksana tugas pemerintah dalam hal penanggulangan terorisme.

Sekedar diketahui, belum genap setahun memerintah, Presiden Jokowi telah mengganti Kepala BNN, dan mengangkat Kepala Bakamla. Saat ini, Komisaris Jenderal Polisi Budi Waseso sebagai Kepala BNN, menggantikan Komisaris Jenderal Polisi Anang Iskandar.

Advertisement

Di Bakamla, Presiden mengangkat Laksamana Madya TNI Desi Albert Mamahit, yang sebelumnya menjadi pelaksana tugas di lembaga tersebut. Sementara itu, Kepala BNPT masih dijabat oleh Komisaris Jenderal Polisi Saud Usman Nasution.

Advertisement
Rohmah Ermawati - Jurnalis Solopos Media Group, menulis konten di media cetak dan media online.
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif