news
Langganan

Johnny G Plate Buka-bukaan, Sebut Jadi Tersangka Karena Politik - Espos Indonesia dari Solo untuk Indonesia | Espos.id

by Anshary Madya Sukma  - Espos.id News  -  Rabu, 1 November 2023 - 19:03 WIB

ESPOS.ID - Mantan Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G. Plate (kiri) mengikuti sidang lanjutan kasus dugaan korupsi penyediaan infrastruktur base transceiver station (BTS) 4G dan infrastruktur pendukung paket 1, 2, 3, 4 dan 5 dari BAKTI Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) tahun 2020 sampai 2022 di Pengadilan Tipikor, Jakarta, Selasa (4/7/2023). Sidang beragenda pembacaan nota pembelaan atau eksepsi dari terdakwa Johnny G. Plate yang didakwa jaksa penuntut umum (JPU) merugikan keuangan negara mencapai Rp8 triliun dalam kasus tersebut.. ANTARA FOTO/Indrianto Eko Suwarso/rwa.

Esposin, JAKARTA — Eks Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Johnny G Plate menduga bahwa statusnya di kasus korupsi BTS 4G Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) terjadi karena alasan politik. 

Hal itu diungkap Plate saat membacakan nota pembelaan atau pleidoi atas persidangan tuntutan sebelumnya di Pengadilan Negeri Jakarta Pusat, Rabu (1/11/2023), dilansir Bisnis.com.

Advertisement

Plate menilai bahwa tuntutan yang sebelumnya dibacakan oleh Jaksa Penuntut Umum (JPU) merupakan hal yang sama dari materi surat dakwaan sebelumnya. 

Terlebih, kata Johnny, semua tuduhan kepadanya telah terbantahkan seluruhnya dari keterangan saksi, alat bukti hngga pendapat ahli selama persidangan. 

Advertisement

Terlebih, kata Johnny, semua tuduhan kepadanya telah terbantahkan seluruhnya dari keterangan saksi, alat bukti hngga pendapat ahli selama persidangan. 

"Selain itu, mengingat sejak awal saya ditetapkan sebagai tersangka, tidak dapat dipungkiri begitu banyak pendapat-pendapat yang mengatakan bahwa penetapan saya sebagai tersangka tidak terlepas dari situasi politik yang sedang terjadi pada saat itu," ujar Plate dalam sidang. 

Kemudian, eks Sekretaris Jenderal (Sekjen) NasDem mempertanyakan penetapan ketersangkaan dirinya hingga terdakwa disebabkan oleh alasan politik. 

Advertisement

Meskipun demikian, Plate menegaskan untuk terap menghadapi proses hukum dan membuktikan ketidakbenaran atas tuduhan yang dilayangkan kepadanya. 

"Karena saya meyakini bahwa saya tidak bersalah, dan saya akan membuktikan ketidakbersalahan saya melalui proses hukum, sehingga tidak ada satupun pihak nantinya yang dapat mendelegitimasi kebenaran saya dalam perkara ini," pungkasnya.

 

Artikel ini telah tayang di Bisnis.com dengan judul "Johnny G Plate Buka-bukaan, Sebut Jadi Tersangka Karena Politik"

Advertisement

Advertisement
Mariyana Ricky P.D - Jurnalis Solopos Media Group, menulis konten di media cetak dan media online.
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif