news
Langganan

Jenazah Letkol Sandhra Ditemukan, 4 Penumpang Pesawat TNI AU Dipastikan Gugur - Espos Indonesia dari Solo untuk Indonesia | Espos.id

by Abu Nadzib Newswire  - Espos.id News  -  Kamis, 16 November 2023 - 22:14 WIB

ESPOS.ID - Jenis pesawat EMB-314 Super Tucano inilah yang jatuh di Pasuruan, Jawa Timur, Kamis (16/11/2023) siang. (Istimewa)

Esposin, PASURUAN -- Seluruh korban jatuhnya dua pesawat tempur taktis EMB-314 Super Tucano di lereng Bromo, Kabupaten Pasuruan, Jawa Timur, Kamis (16/11/2023), akhirnya ditemukan dalam kondisi meninggal dunia.

Korban terakhir yang ditemukan adalah Komandan Skadron Udara 21, Letkol (Pnb) Sandhra “Chevron” Gunawan.

Advertisement

Kepala Dinas Penerangan TNI Angkatan Udara (Kadispenau), Marsekal Pertama R. Agung Sasongkojati mengatakan Letkol Sandhra ditemukan sekitar pukul 19.00 WIB.

"Pada pukul 19.00 WIB, jenazah Lektol Sandhra sudah ditemukan, menyusul akan dibawa ke sini," kata Agung, seperti dikutip Esposin dari Antara.

Advertisement

"Pada pukul 19.00 WIB, jenazah Lektol Sandhra sudah ditemukan, menyusul akan dibawa ke sini," kata Agung, seperti dikutip Esposin dari Antara.

Agung menjelaskan, dengan ditemukannya jenazah Letkol Sandhra maka seluruh awak pesawat Skadron Udara 21 Lanud Abdulrachman Saleh Malang telah ditemukan.

Sebagai informasi, tiga korban yang lebih dulu ditemukan adalah Kolonel (Adm) Widiono Hadiwijaya (Kepala Dinas Personel Lanud Abdulrachman Saleh), Kolonel (Pnb) Subhan (Danwing Udara 2 Lanud Abdulrachman Saleh), dan Mayor (Pnb) Yuda A. Seta.

Advertisement

"Untuk Kolonel Widiono dan Letkol Sandhra, akan segera menyusul dibawa ke Lanud," katanya.

Ia menambahkan, dua jenazah sebelum dibawa ke Lanud akan dibersihkan terlebih dahulu di rumah sakit.

Keesokan harinya akan dilakukan upacara kemiliteran untuk melepas jenazah dari Lanud.

Advertisement

"Kami belum dapat informasi rencana jenazah akan dikirim ke mana, karena menyangkut keinginan keluarga. Tapi kami pastikan kami akan mengurus jenazah dengan baik," katanya.

Pihaknya mengucapkan terima kasih kepada masyarakat sekitar, aparat teritorial, pecinta alam yang telah membantu melaksanakan evakuasi korban tersebut.

Selain itu, unsur terkait juga telah membantu mengamankan lokasi kejadian.

Advertisement

Seperti diberitakan dua dari empat pesawat tempur taktis EMB-314 Super Tucano TNI AU yang latihan rutin di langit Malang jatuh di lereng Bromo, Kabupaten Pasuruan, Kamis sekitar pukul 12.00 WIB.

Ada empat perwira menengah TNI AU dalam pesawat nahas tersebut.

Sebelum terjatuh, keempat pesawat sempat terjebak di awan tebal. Dua pesawat berhasil keluar dari awan dan mendarat kembali di Lanud Abdulrachman Saleh Malang sementara dua lainnya mendapat musibah.

Advertisement
Abu Nadzib - Jurnalis Solopos Media Group, menulis konten di media cetak dan media online.
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif