news
Langganan

Jelang KRTI 2024, Bengawan UV UNS Solo Luncurkan 4 Wahana Terbang Nirawak  - Espos Indonesia dari Solo untuk Indonesia

by Dhima Wahyu Sejati  - Espos.id News  -  Senin, 9 September 2024 - 22:10 WIB

ESPOS.ID - Uji coba wahana terbang nirawak hasil rakitan Bengawan Unmanned Vehicle (UV) Team Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo di halaman Gedung dr Prakosa Rektorat UNS, Senin (9/9/2024). (Solopos.com/Dhima Wahyu Sejati)

Esposin, SOLO -- Bengawan Unmanned Vehicle (UV) Team Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo meluncurkan wahana terbang nirawak di halaman Gedung dr Prakosa Rektorat UNS Solo, Senin (9/9/2024).

Wahana nirawak itu akan berlaga pada Kontes Robot Terbang Indonesia (KRTI) 2024 di Lapangan Udara Gading, Yogyakarta, pada 12-19 Oktober 2024. Terdapat empat tim yang akan berlaga. Empat tim tersebut memperkenalkan proyek wahana nirawak masing-masing, Senin (9/9/2024).

Advertisement

Tim pertama adalah Akasha Seva BUV yang diketuai Wahyu Heriyanto, Mahasiswa Program Studi (Prodi) Teknik Elektro Fakultas Teknik (FT) UNS. Mereka akan berpartisipasi dalam KRTI 2024 pada divisi Technology Development. Pada seleksi tingkat wilayah, wahana terbang Akasha Seva berhasil menjadi juara II.

Tim kedua adalah Akasha Bhatara BUV yang diketuai Ahmad Tauhid Irfansyah, Mahasiswa Prodi Fisika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) UNS. Mereka akan berpartisipasi dalam KRTI 2024 pada divisi Vertical Take Off Landing (VTOL).

Advertisement

Tim kedua adalah Akasha Bhatara BUV yang diketuai Ahmad Tauhid Irfansyah, Mahasiswa Prodi Fisika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) UNS. Mereka akan berpartisipasi dalam KRTI 2024 pada divisi Vertical Take Off Landing (VTOL).

Tim ketiga, Bamantara BUV, yang diketuai Ryan Aditya Nandana dari Prodi Teknik Elektro FT UNS. Mereka akan berpartisipasi dalam KRTI 2024 pada divisi Fixed Wing. Pada seleksi tingkat wilayah, wahana terbang Bamantara berhasil menjadi juara II.

Tim keempat, Narash BUV, diketuai Irfan Nahar Hidayat, mahasiswa Prodi Teknik Elektro FT UNS. Mereka akan berpartisipasi dalam KRTI 2024 pada divisi Racing Plane. Pada seleksi tingkat wilayah, wahana terbang Ares dari Tim Narash berhasil menjadi juara I.

Advertisement

Rektor UNS Solo, Hartono, menyampaikan apresiasi upaya yang telah diberikan para anggota tim Bengawan UV hingga tahap ini. Dia menyampaikan rasa bangganya karena Bengawan UV Team telah konsisten menorehkan prestasi di tingkat nasional dan internasional.

Dia berkomitmen memberikan fasilitas yang memadai guna mendukung kegiatan mahasiswa UNS ini. “Kami dukung sepenuhnya agar dalam mengikuti KRTI 2024 dapat memberikan hasil yang maksimal,” kata dia saat menyampaikan sambutan pada acara peluncuran tersebut, Senin.

General Manager Bengawan UV Team UNS, Daffa Putra Islami, mengatakan mereka telah mengikuti KRTI sejak 2017. Rangkaian kompetisi ini terdiri dari dua tahap. Pertama, seleksi wilayah yang telah mereka lakukan, dan kedua, tahap final.

Advertisement

Daffa mengatakan acara peluncuran kali ini sekaligus menjadi apresiasi untuk semua pihak yang telah mendukung jalannya riset dan perlombaan. “Dengan hasil pada seleksi wilayah harapannya bisa menjadi pemacu semangat untuk semua tim UNS dalam mendapatkan hasil yang maksimal pada final KRTI 2024 di Lanud Gading, Yogyakarta,” kata dia.

Keikutsertaan Mahasiswa UNS dalam KRTI 2024 akan menjadi bukti implementasi Indikator Kinerja Utama (IKU) 2. KRTI merupakan kompetisi tingkat nasional yang diikuti oleh berbagai tim perguruan tinggi dari seluruh wilayah di Indonesia.

Advertisement
Suharsih - Jurnalis Solopos Media Group, menulis konten di media cetak dan media online.
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif