news
Langganan

Jangan Keliru! Simak Penulisan HUT ke-79 RI yang Benar sesuai Aturan - Espos Indonesia dari Solo untuk Indonesia

by Nugroho Meidinata  - Espos.id News  -  Sabtu, 3 Agustus 2024 - 11:30 WIB

ESPOS.ID - Ilustrasi bendera Indonesia. (freepik)

Esposin, SOLO – Dalam merayakan Hari Kemerdekaan RI pada 17 Agustus 2024 mendatang, masyarakat Indonesia harus tahu cara penulisan HUT ke-79 RI yang benar menurut aturan yang ada.

Untuk merayakan hari bersejarah 17 Agustus, biasanya masyarakat menuliskan ucapan yang dipasang pada baliho, poster, maupun status di media sosial. Namun, belakangan ini masih banyak ditemukan penulisan HUT RI yang keliru dalam menyusun kalimat.

Advertisement

Misalnya saja, menuliskan HUT RI ke-79, HUT Indonesia ke-79, selamat ulang tahun Indonesia yang ke-79, hingga Dirgahayu ke-79 Indonesia. Kalimat-kalimat ucapan tersebut kurang tepat.

Lalu, bagaimana cara penulisan HUT ke-79 RI yang benar sesuai aturan yang ada?

Advertisement

Lalu, bagaimana cara penulisan HUT ke-79 RI yang benar sesuai aturan yang ada?

Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) online, dirgahayu merupakan berumur panjang, biasanya ditujukan kepada negara atau organisasi yang sedang memperingati hari jadinya. Sehingga kurang tepat, untuk menyematkan kata dirgahayu di awal kalimat ucapan HUT ke-79 RI.

Berikut terdapat kumpulan cara penulisan HUT ke-79 RI yang benar sesuai aturan.

Setelah mengetahui cara penulisan HUT ke-79 RI yang benar, pemerintah juga telah merilis logo dan tema pada Hari Kemerdekaan pada tahun ini.
Advertisement

“Indentitas visual HUT ke-79 Kemerdekaan RI menggambarkan karakter yang mengalir, saling terhubung dan luwes menyiratkan rasa ramah dan dekat dengan masyarakat, serta terdiri dari bagian yang repetititf dan terstruktur yang menambah sifat kokoh dan seimbang, mencerminkan sikap profiesonal dalam bekerja membangun negara,” bunyi keterangan dalam Pedoman Identitas Visual HUT ke-79 Kemerdekaan Republik Indonesia.

Berdasarkan tema besar Nusantara Baru, Indonesia Maju, logo HUT ke-79 RI melambangkan Indonesia yang membutuhkan semangat baru yang besar dengan persatuan dan keseteraan untuk mencapai segala tujuan. Dalam perjuangan yang baru ini, negara tetap berprinsip pada nilai-nilai luhur dengan memperhatikan kodrat alam dan budaya.

Dalam logo HUT ke-79 RI terdapat tujuh makna yang ada di dalamnya, yakni Negara Kepulauan, Lambang Negara, Pertumbuhan Ekonomi, Keberlanjutan, Ekonomi Hijau, Persatuan dan Harapan, serta Kesetaraan.

Advertisement

Demikian penjelasan mengenai cara penulisan HUT ke-79 RI yang benar dan logo serta tema yang telah dirilis pemerintah.

Advertisement
Nugroho Meidinata - Jurnalis Solopos Media Group, menulis konten di media cetak dan media online.
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif