news
Langganan

Istana Respons Kaesang Naik Jet Pribadi: Dia Bukan Pejabat Publik - Espos Indonesia dari Solo untuk Indonesia

by Newswire  - Espos.id News  -  Rabu, 18 September 2024 - 17:51 WIB

ESPOS.ID - Kaesang Pangarep dan Erina Gudono.

JAKARTA — Kepala Kantor Komunikasi Kepresidenan, Hasan Nasbi, merespons soal Ketua Umum PSI, Kaesang Pangarep, yang menggunakan jet pribadi ke Amerika Serikat bersama sang istri. Dia menilai Kaesang bukan pejabat publik meski statusnya adalah anak Presiden RI. 

Dalam sebuah siniar yang diunggah di akun Instagram @hasan_nasbi dikutip di Jakarta, Rabu (18/9/2024), Hasan menegaskan di tengah banyaknya pejabat publik yang menggunakan jet pribadi, Kaesang menggunakan fasilitas tersebut dengan status bahwa dirinya bukan pejabat publik dan memiliki bisnis sendiri.

Advertisement

"Konteks private jet ini kan yang disorot soal gaya hidup, kemudian dikaitkan bahwa Mas Kaesang adalah anaknya presiden. Saya ingin ngasih statement, pertama bahwa Mas Kaesang ini bukan pejabat publik dan dia sudah dewasa. Dia sudah punya hidup sendiri, sudah punya bisnis sendiri dan dia bukan pejabat publik," kata Hasan dalam potongan video podcast tersebut sebagaimana dilansir Antara

Hasan pun menyinggung Presiden RI ke-5 Megawati Soekarnoputri yang kerap kali menggunakan jet pribadi, baik di dalam negeri maupun luar negeri. Hasan menegaskan bahwa Kaesang dan Megawati, keduanya bukanlah pejabat publik.

Kemudian, Hasan juga menyinggung Mahfud MD yang saat itu masih menjabat sebagai Menkopolhukam dan mengaku lebih sering menggunakan jet pribadi milik Wakil Presiden RI ke-10 dan ke-12 Jusuf Kalla.

Advertisement

Di sisi lain, Kaesang sebagai putra bungsu Presiden Joko Widodo yang menggunakan jet pribadi justru menjadi berita yang heboh.

Ia pun menilai kondisi tersebut seperti pengadilan oleh pers atau "trial by press" terhadap Kaesang dan Erina karena ada faktor kebencian.

"Saya merasa ini kayak semacam trial by press terhadap Mas Kaesang karena soal kebencian tadi. Kebencian yang mereka tumpuk-tumpuk kemudian ketemu ini kemudian diglorifikasi," kata Hasan.

Advertisement

Ia pun meminta publik melihat secara adil dan tidak menyudutkan Kaesang maupun Presiden Joko Widodo.

Sebelumnya Kaesang Pangarep dan istrinya, Erina Gudono mendapat banyak sorotan di media sosial, salah satunya mengenai penggunaan jet pribadi ketika melakukan perjalanan ke Amerika Serikat.

Dugaan gratifikasi itu diperbincangkan warganet, seperti di media sosial X, setelah istri Kaesang, Erina Gudono, mengunggah pemandangan dari dalam jet pribadi melalui media sosial Instagram.

Advertisement
Chelin Indra Sushmita - Jurnalis Solopos Media Group, menulis konten di media cetak dan media online.
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif