news
Langganan

IRSA 2015 : Jalan Raya Klaten, Karanganyar, dan Kudus Teraman di Indonesia, Benarkah? - Espos Indonesia dari Solo untuk Indonesia

by Himawan Ulul Jibi Solopos.com  - Espos.id News  -  Selasa, 20 Oktober 2015 - 21:30 WIB

ESPOS.ID - Sepeda motor yang dikendarai Saryono bersama istrinya Sutinem rusak parah setelah ditabrak truk boks di jalan raya Jogja-Solo, Desa Geneng, Prambanan, Klaten, Senin (18/8/2015) siang. Akibat kejadian itu, Saryono dan istrinya meninggal dunia. (Taufiq Sidik/JIBI/Solopos)

IRSA 2015 menunjuk Klaten sebagai kabupaten dengan jalan raya paling aman.

Esposin, JAKARTA -- Kabupaten Klaten, Jawa Tengah, menjadi salah satu nomine kabupaten dengan jalan raya paling aman di Tanah Air dalam penghargaan Indonesia Road Safety Award (IRSA) 2015.

Advertisement

Dalam penghargaan IRSA 2015, Klaten menjadi salah satu nomine di kategori kabupaten dengan penduduk di atas satu juta jiwa. Tidak berdiri sendirian, dalam kategori itu Klaten bersaing dengan Kabupaten Tangerang dan Jepara.

Dikutip Esposin dari laman resmi IRSA 2015, Selasa (20/10/2015), selain Klaten, wakil Soloraya di kompetisi yang mencari kabupaten-kota dengan tata kelola keselamatan jalan raya terbaik di Indonesia adalah Kabupaten Karanganyar.

Bedanya, kabupaten yang terletak di sebelah timur Kota Solo itu masuk dalam kategori kabupaten dengan jumlah penduduk di bawah satu juta jiwa. Dua kabupaten lain yang bersaing di kategori itu adalah Hulu Sungai Selatan dan Kudus.

Advertisement

Dalam laman itu dijelaskan penilaian IRSA 2015 berpatokan pada pilar utama Rencana Umum Nasional Keselamatan Jalan, yakni manajemen keselamatan jalan, jalan yang berkeselamatan, kendaraan yang berkeselamatan, perilaku pengguna jalan, dan post-crash response.

Akan tetapi perlu diketahui, usaha Klaten dan Karanganyar untuk bertengger sebagai nomine IRSA 2015 tidaklah mudah. Dalam kompetisi yang digelar oleh PT Adira Insurance itu, Klaten dan Karanganyar harus bersaing dengan 76 kabupaten dan kota dari seluruh Indonesia hingga akhirnya diseleksi menjadi 12 nomine.

Berikut ini 12 kota dan kabupaten yang menjadi nomine IRSA 2015:

Advertisement

1. Kota dengan penduduk di atas satu juta jiwa: Surabaya, Tangerang, dan Tangerang Selatan. 2. Kota dengan penduduk di bawah satu juta jiwa: Balikpapan, Probolinggo, dan Tasikmalaya. 3. Kabupaten dengan penduduk di atas satu juta jiwa: Jepara, Tangerang, dan Klaten. 4. Kabupaten dengan penduduk di bawah satu juta jiwa: Hulu Sungai Selatan, Kudus, dan Karanganyar.

Advertisement
Adib Muttaqin Asfar - Jurnalis Solopos Media Group, menulis konten di media cetak dan media online.
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif