news
Langganan

Ironi DPR Nyanyikan Ultah Puan di saat Buruh Berdemo Menolak Harga BBM - Espos Indonesia dari Solo untuk Indonesia | Espos.id

by Newswire  - Espos.id News  -  Rabu, 7 September 2022 - 17:42 WIB

ESPOS.ID - Ketua DPR Puan Maharani mendapat ucapan ultah saat ribuan buruh berdemo menolak kenaikan harga BBM, Selasa (6/9/2022). (Youtube)

Esposin, JAKARTA – Suasana kontras tersaji saat ribuan orang di berbagai tempat, termasuk di Jakarta, berunjuk rasa menolak kenaikan harga BBM, Selasa (6/9/2022).

Di saat ribuan orang berunjuk rasa di jalanan, di dalam Gedung DPR para wakil rakyat bernyanyi merayakan ulang tahun Ketua DPR Puan Maharani yang digelar secara mendadak.

Advertisement

Kenaikkan harga BBM memang mendapat repons keras dari masyarakat. Mereka melalukan protes, baik di media sosial atau turun ke jalan.

Pada Selasa kemarin demo besar terjadi di beberapa titik di wilayah DKI dan sekitarnya. Para demonstran melakukan aksi untuk menolak kenaikan BBM.

Baca Juga: AHY Instruksikan Kader Demokrat Demo Tolak Kenaikan Harga BBM

Advertisement

Ribuan buruh melakukan aksi demo dan meminta agar kenaikan BBM dibatalkan.

Untuk wilayah Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi (Jabodetabek), aksi diikuti antara 3.000-5.000 orang yang dipusatkan di DPR RI.

Massa mengepung Gedung DPR untuk menyuarakan penolakan terhadap kenaikan BBM bersubsidi.

Baca Juga: Imbas Kenaikan Harga BBM, Tarif Angkutan Umum di Wonogiri Naik hingga 30%

Advertisement

Di waktu yang hampir bersamaan, rapat paripurna yang digelar anggota DPR di Ruang Nusantara. Kebetulan, 6 September merupakan hari ulang tahun ke-49 Ketua DPR RI, Puan Maharani.

Jelang rapat bubaran, seluruh anggota DPR yang hadir dalam sidang tersebut bertepuk tangan sambil menyanyikan Lagu Jamrud berjudul "Selamat Ulang Tahun".

Perayaan ultah itu bermula saat salah seorang anggota DPR mengucapkan selamat melalui pengeras suara di ruang rapat.

Baca Juga: Ada 3,2 Juta Keluarga di Jateng Terima BLT BBM, Terbanyak di Daerah Ini

Advertisement

"Kami seluruh peserta sidang dan undangan mengucapkan selamat ulang tahun untuk Ketua DPR Ibu Puan Maharani. Semoga panjang umur, sehat dan sukses selalu, serta dalam lindungan Allah SWT. Aamiin," ujar suara itu.

Setelah itu lagu Selamat Ulang Tahun pun menggema di pengeras suara. Peserta rapat langsung berdiri dan tepuk tangan.

Di saat yang sama, di luar gedung tengah berlangsung unjuk rasa menolak naiknya harga bahan bakar minyak (BBM).

Baca Juga: Terganjal Soal Iuran BPJS, Sebanyak 1,4 Juta Pekerja Batal Terima BSU

Advertisement

Demo tersebut dilakukan oleh ratusan buruh yang telah dimulai sejak pukul 10.23 dan telah menutup 3/4 jalan.

Ketua Forum Serikat Pekerja/Buruh Karet dan Ban Indonesia (FSPKBI) Guntoro mengarahkan massa untuk menutup seluruh jalan pukul 13.30 WIB.

Namun hingga sore hari demo selesai, tidak ada satupun perwakilan dari DPR yang menemui massa demo. Presiden Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI) Said Iqbal mengatakan ada sekitar 2.000 massa buruh yang ikut serta dalam aksi demo di DPR.

Baca Juga: 14,6 Juta Pekerja Terima BSU Senilai Rp600.000

“Aksi ini diorganisir Partai Buruh dan organisasi serikat buruh, petani, nelayan, guru honorer, PRT, buruh migran, miskin kota, dan organisasi perempuan di 34 provinsi. Aksi serentak akan dilakukan di kantor gubernur," kata Said Iqbal, Selasa (6/9/2022).

Said menegaskan para buruh menolak kenaikan harga BBM. Pasalnya, kenaikan harga BBM akan menurunkan daya beli yang sekarang ini sudah turun 30 persen.

Advertisement

Sontak suasana kontras di dalam dan luar Gedung DPR itu tersorot kamera.

Baca Juga: Harga BBM Naik, Pertamina Belum Akan Batasi Pembelian Pertalite

Di dalam gedung, para legislator gembira merayakan hari lahir Sang Ketua. Sementara di luar ruangan, ribuan rakyat berpeluh keringat meminta keadilan sesuai apa yang tertera pada sila kelima Pancasila.

Melalui Twitter, netizen pun banyak yang menyayangkan aksi DPR RI tersebut karena seolah tidak peduli dengan penderitaan rakyat.

Artikel ini telah tayang di Bisnis.com dengan judul "Rakyat Auto Emosi: DPR Gembira Bernyanyi saat Ribuan Orang Gelar Demo Kenaikkan BBM"

Advertisement
Abu Nadzib - Jurnalis Solopos Media Group, menulis konten di media cetak dan media online.
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif