news
Langganan

INFO MUDIK: Jumlah Pemudik Motor Naik 12% - Espos Indonesia dari Solo untuk Indonesia

by Wahyu Kurniawan Jibi Harian Jogja  - Espos.id News  -  Selasa, 14 Agustus 2012 - 15:30 WIB

ESPOS.ID - ilustrasi

JAKARTA—Korps Lalu Lintas Mabes Polri memperkirakan jumlah pemudik yang menggunakan sepeda motor tahun ini akan meningkat 12% dari tahun lalu. Pada 2011 jumlah pemudik sepeda motor mencapai 3,3 juta.

Advertisement

Kepala Korps Lalu Lintas Mabes Polri, Inspektur Jenderal Puji Hartanto mengatakan, masyarakat lebih senang menggunakan sepeda motor saat mudik karena biayanya lebih murah. Namun, menurut dia, mudik dengan sepeda motor rawan kecelakaan karena motor tidak didesain untuk jarak jauh.

"Peningkatannya mencapai 12 persen dari tahun lalu sebanyak 3,3 juta pengendara. Mudik membawa sepeda motor sebenarnya berbahaya karena motor itu kan bisa mengangkut dua orang saja, tetapi saat mudik mereka mengangkut lebih dari dua orang itu belum termasuk barang bawaan," ujar Puji di Jakarta, Selasa (14/8).

Puji memprediksi, kendaraan sepeda motor yang keluar Jakarta saat mudik juga akan meningkat, yakni 7-8%.

Advertisement

Sebagai antisipasi, polisi sudah bekerja sama dengan beberapa isntansi pemerintah dan perusahaan untuk mengangkut sepeda motor menggunakan truk, sedangkan pemiliknya naik bus. Polisi akan menindak pengendara motor yang membawa penumpang melebihi kapasitas.(ali)

Advertisement
Advertisement
Harian Jogja - Jurnalis Solopos Media Group, menulis konten di media cetak dan media online.
Kata Kunci : Pemudik News Motor
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif