news
Langganan

Hasil Survei Turun, Ganjar-Mahfud Santai - Espos Indonesia dari Solo untuk Indonesia | Espos.id

by Newswire  - Espos.id News  -  Senin, 11 Desember 2023 - 17:12 WIB

ESPOS.ID - Capres Ganjar Pranowo (kiri) bersama Cawapres Mahfud MD (tengah) berdialog dengan Pengurus Pusat Muhammadiyah usai acara dialog terbuka bersama Muhammadiyah di Kampus Universitas Muhammadiyah Jakarta (UMJ) Ciputat, Tangerang Selatan, Banten, Kamis (23/11/2023). (Antara/Muhammad Iqbal)

Esposin, JAKARTA -- Calon presiden (capres) nomor urut 3, Ganjar Pranowo, mengaku merasa terpacu seusai elektabilitasnya turun drastis menurut survei terbaru Litbang Kompas. Ganjar mengaku tidak terlalu ambil pusing dengan survei Litbang Kompas tersebut, meski demikian pihaknya akan menjadikan hal itu sebagai pelecut semangat.

"Tidak apa-apa. Jadi sebenarnya ada survei-survei yang lain. Buat kami itu menjadi pemicu saja, agar kita bisa berpacu lebih bagus lagi," ujar Ganjar di FX Sudirman, Jakarta Pusat, Senin (11/12/2023), sebagaimana dilansir Bisnis.com.

Advertisement

Mantan gubernur Jawa Tengah menjelaskan, masih ada waktu untuk konsolidasi. Oleh sebab itu, lanjut Ganjar, pihaknya akan bekerja lebih keras jelang hari pencoblosan pasa 14 Februari 2024.

"Jadi bukan tidak berkecil hati, tugas kita temui rakyat, langsung kita berkomunikasi dengan mereka," katanya.

Advertisement

"Jadi bukan tidak berkecil hati, tugas kita temui rakyat, langsung kita berkomunikasi dengan mereka," katanya.

Ganjar mengakui, berdasarkan survei Litbang Kompas, pemilihnya yang berasal dari PDI Perjuangan (PDIP) juga turun. Meski demikian, dia menjelaskan bahwa PDIP sudah melakukan konsolidasi internal sebelum survei Litbang Kompas diluncurkan.

Sama halnya dengan Ganjar, calon wakil presiden (cawapres) nomor urut 3, Mahfud Md, juga menanggapi santai hasil survei tersebut.

Advertisement

Mahfud mengatakan bahwa hasil survei setiap saat bisa berubah. Hasil yang ditampilkan hari ini bisa saja berbeda dengan hasil pekan depan.

"Survei 'kan tiap saat berubah. Nanti kalau ditanya, kalau Anda ditanya, minta hasil hari ini, ya, itu hasilnya. Nanti kalau minggu depan hasilnya beda," ujarnya.

Dalam survei Litbang Kompas, pasangan Ganjar-Mahfud dinyatakan menang di Jateng dari pasangan lainnya, yakni AMIN dan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka. Namun, di provinsi lain Ganjar-Mahfud kalah dari dua pasangan tersebut.

Advertisement

Litbang Kompas merilis hasil survei yang menunjukkan pasangan Ganjar-Mahfud takluk dari AMIN. Dalam survei itu, elektabilitas Ganjar-Mahfud hanya 15,3%, sedangkan AMIN mencapai 16,7%.

Sementara itu, elektabilitas tertinggi dikuasai pasangan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka. Pasangan ini memperoleh 39,3 %.

Advertisement
Chelin Indra Sushmita - Jurnalis Solopos Media Group, menulis konten di media cetak dan media online.
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif