news
Langganan

GERHANA MATAHARI TOTAL : Catat, Ini Wilayah yang Dilewati Gerhana Matahari Total - Espos Indonesia dari Solo untuk Indonesia

by Lavinda Jibi Bisnis  - Espos.id News  -  Selasa, 1 Maret 2016 - 10:15 WIB

ESPOS.ID - ilustrasi (google)

Gerhana matahari total akan melewati sejumlah wilayah di Indonesia.

Semarangpos.com, JAKARTA - Fenomena gerhana matahari total yang akan terlihat dari sejumlah daerah di Indonesia pada 9 Maret 2016 diyakini dapat menggairahkan pariwisata nasional.

Advertisement

Wakil Presiden Jusuf Kalla mengklaim tingkat okupansi hotel di sejumlah daerah di Indonesia naik signifikan karena banyak wisatawan asing dan domestik yang ingin menyaksikan fenomena gerhana matahari total tersebut.

"Pasti lebih banyak pariwisatanya. Semua hotel penuh, yang menarik di Ternate dan Palu sudah dipesan sejak tahun 2014,"katanya di Kantor Wakil Presiden, Senin(29/2/2016).

Turis asing dan domestik yang tertarik berkunjung tentu mendongkrak perekonomian nasional meski hanya berlangsung dalam jangka waktu pendek, yakni dua hingga tiga hari.

Advertisement

Dalam kesempatan tersebut, Kalla juga mengajak masyarakat Indonesia untuk menyaksikan gerhana matahari total meski tak dapat dilihat secara langsung, melainkan melalui media tertentu.

"Untuk mengoreksi kejadian tahun 1983, di mana orang diajar salah untuk tidak bisa melihat dan harus tinggal di rumah, itu kesalahan besar. Dianjurkan justru untuk dilihat walaupun harus pakai kacamata khusus,"paparnya.

Fenomena alam eksotis gerhana matahari total akan melewati daerah-daerah sebagai berikut: Palembang (dengan lama 1 menit 52 detik), Belitung (2 menit 10 detik), Balikpapan (1 menit 9 detik), Luwuk (2 menit 50 detik), Sampit (2 menit 8 detik), Palu (2 menit 4 detik), Ternate (2 menit 39 detik), Bangka (2 menit 8 detik), Palangkaraya (2 menit 29 detik), Poso (2 menit 40 detik), serta Halmahera (1 menit 36 detik).

Advertisement

Gerhana matahari sebagian juga bisa dinikmati di Padang, Bandung, Denpasar, Kupang, Surabaya, Banjarmasin, Manado, Jakarta, Pontianak, Makassar, serta Ambon.

Advertisement
Anik Sulistyawati - Jurnalis Solopos Media Group, menulis konten di media cetak dan media online.
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif