news
Langganan

GEMPA BUMI: Gempa 5,8 SR Kagetkan Warga Kepulauan Aru - Espos Indonesia dari Solo untuk Indonesia

by Jibi Solopos Ant  - Espos.id News  -  Rabu, 4 April 2012 - 12:47 WIB

ESPOS.ID - Gempa 5,8 SR Kepulauan Aru, Provinsi Maluku (Foto Antara)

AMBON-- Gempa tektonik berkekutan 5,8 skala Richter (SR) menguncang kabupaten Kepulauan Aru, provinsi Maluku pada Rabu (4/4/2012) pagi, sekitar pukul 08.42 WIT. Gempa tersebut terasa kuat dan mengejutkan warga Dobo, ibukota Kabupaten Kepulauan Aru.

Advertisement

Kepala Badan Meteorologi dan Geofisika Ambon, Benny Sipolo, di Ambon, Rabu (4/4), mengatakan, pusat gempa di 5.63 Lintang Selatan - 133.78 Bujur Timur atau 101 KM arah Barat Laut Dobo, ibu kota kabupaten Kepulauan Aru.

Gempa pada kedalaman 10 KM di bawah laut tersebut mengagetkan masyarakat di Dobo.

Benny mengatakan, koordinasi sedang dijalin dengan Pemkab Kepulauan Aru untuk memantai dampak gempa yang terasa cukup kuat di Dobo.

Advertisement

Nus Kesaulya, salah seorang warga Dobo ketika dikonfirmasi mengakui guncangan gempa terasa sangat kuat.

"Guncangan sangat kuat sehingga warga panik dan berlarian keluar rumah, selanjutnya memilih tinggal di daerah yang dinilai aman karena khawatir terjadi gempa susulan serta kemungkinan gelombang pasang (tsunami)," ujarnya.

Provinsi Maluku merupakan salah satu daerah rawan gempa dan tsunami karena terletak pada pertemuan tiga lempeng besar yakni Pasifik, Indo Australia dan Eurasia.

Advertisement

Lempeng Indo Australia masuk ke bawah Eurasia, bertemu dengan Lempeng Pasifik sehingga mengakibatkan patahan yang tidak beraturan.

Daerah-daerah rawan gempa di Maluku di antaranya wilayah-wilayah bagian tenggara, Pulau Ambon, Seram dan Buru. Sedangkan pusat patahan di antaranya berada di Laut Ambon dan Seram Bagian Barat (SBB).

Advertisement
Arif Fajar Setiadi - Jurnalis Solopos Media Group, menulis konten di media cetak dan media online.
Kata Kunci : Kepulauan Aru Gempa Bumi
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif