news
Langganan

Gelar Sidang Terbuka Dies Natalis ke-60, Ini Capaian dan Target ISI Solo - Espos Indonesia dari Solo untuk Indonesia

by Dhima Wahyu Sejati  - Espos.id News  -  Senin, 15 Juli 2024 - 15:23 WIB

ESPOS.ID - Sidang Senat Terbuka dalam rangka Dies Natalis ke-60 Institut Seni Indonesia (ISI) Solo di Pendhapa Ageng GPH. Joyokusumo kampu setempat, Senin (15/7/2024). (Solopos.com/Dhima Wahyu Sejati)

Esposin, SOLO—Institut Seni Indonesia (ISI) Solo menggelar Sidang Senat Terbuka dalam rangka Dies Natalis ke-60 di Pendhapa Ageng GPH. Joyokusumo kampus setempat, Senin (15/7/2024).

Rektor ISI Solo, I Nyoman Sukerna menyampaikan terdapat sejumlah capaian dan target jangka pendek yang ditetapkan kampus sebagai upaya meningkatkan kualitas layanan.

Advertisement

Dia mengatakan 60 tahun merupakan usia yang matang untuk sebuah institusi pendidikan. Maka tidak heran banyak capaian yang sudah dimiliki sejak berdiri pada 15 Juli 1964.

“Lembaga kita banyak kemajuan yang sudah diraih, kami yang ada di dalam tidak puas dengan capaian itu, oleh sebab itu untuk meningkatkan mutu layanan, meningkatkan jumlah mahasiswa, mahasiswa, prodi, dan prestasi,” kata dia kepada wartawan selepas acara, Senin (15/7/2024).

Advertisement

“Lembaga kita banyak kemajuan yang sudah diraih, kami yang ada di dalam tidak puas dengan capaian itu, oleh sebab itu untuk meningkatkan mutu layanan, meningkatkan jumlah mahasiswa, mahasiswa, prodi, dan prestasi,” kata dia kepada wartawan selepas acara, Senin (15/7/2024).

Salah satu target jangka pendek yang bakal menjadi kado ulang tahun ke-60 ISI Solo adalah perubahan status, dari Perguruan Tinggi Negeri (PTN) Satuan Kerja (Satker) menjadi Perguruan Tinggi Negeri yang menerapkan Pengelolaan Keuangan Badan Layanan Umum (PK-BLU).

Perubahan status menjadi PK-BLU itu memungkinkan ISI Solo untuk mengelola aset dan keuangan secara mandiri, sehingga I Nyoman berharap dengan begitu, pelayanan kepada mahasiswa semakin meningkat.

Advertisement

Dalam sambutannya, I Nyoman memaparkan sejumlah capaian yang sudah diraih ISI Solo. Salah satunya, kata dia, terdapat enam mahasiswa ISI Solo yang lolos dalam Program PMM Bath 4 Kemendikbudristek, berasal dari Program Studi Tari, Etnomusikologi, Teater, dan Film dan Televisi.

Program Pertukaran Mahasiswa Merdeka (PMM) merupakan program pertukaran dengan universitas lain dari seluruh Indonesia yang bertujuan untuk memperkaya khazanah tiga budaya mahasiswa. 

“Melalui PMM mahasiswa diajak untuk mendapatkan pengalaman belajar di perguruan tinggi terbaik di seluruh Indonesia, sehingga mereka dapat merasakan pembelajaran tentang budaya, adat istiadat serta nilai-nilai sejarah daerah atau kota tempat perguruan tinggi yang dituju,” kata dia.

Advertisement

Selain itu guna memperkuat serapan lulusan, pihaknya terus bekerja sama dengan Dunia Usaha Dunia Industri (DUDI). Dia mengatakan pihaknya terus berkomitmen untuk memfasilitasi mahasiswa agar terserap di industri.

Dia melanjutkan capaian lain yakni, jumlah penerimaan mahasiswa baru ISI Surakarta dari tahun ke tahun semakin meningkat. 

Setelah dilaksanakan penerimaan mahasiswa baru melalui jalur SNBP, saat ini sedang berlangsung penerimaan mahasiswa baru melalui jalur SNBT dengan pengumuman di akhir Juli 2024. Selain itu juga akan dilaksanakan penerimaan mahasiswa baru melalui jalur Mandiri. 

Advertisement

“Pada tahun ini, Program Studi Senjata Tradisional Keris melakukan terobosan melalui jalur khusus, yaitu jalur Prestasi,” lanjut dia.

Dia menjelaskan saat ini ISI Solo pada Tahun Akademik 2023/2024 mempunyai mahasiswa sebanyak 5.603 orang, dosen 227 orang, dan tenaga kependidikan sebanyak 158 orang.

Pada usia 60 tahun ini ISI Solo telah melakukan terobosan untuk menuju institut pembelajaran termasyhur di bidang seni tingkat regional,” kata dia.

Advertisement
Ahmad Mufid Aryono - Jurnalis Solopos Media Group, menulis konten di media cetak dan media online.
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif