news
Langganan

DIY Butuh Ribuan Guru SD, Berminat? - Espos Indonesia dari Solo untuk Indonesia

by Redaksi  - Espos.id News  -  Rabu, 15 Februari 2012 - 10:33 WIB

ESPOS.ID - ilustrasi

JOGJA—Berdasarkan pendataan guru sementara yang dihimpun Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) DIY, diketahui DIY kekurangan 2.500 guru SD.

Advertisement

“Sudah ada koordinasi dengan Kabupaten dan Kota mengenai pendataan guru dan diketahui seluruh SD di DIY kekurangan guru. Jumlahnya mencapai ribuan, yakni 2.500 guru,” kata Kepala Disdikpora Baskara Aji pekan lalu.

Kekurangan guru SD tersebut, tambah dia, merata untuk berbagai mata pelajara (mapel), yakni guru kelas, guru agama (Islam, Katolik, Kristen, Hindu dan Budha), Penjaskes dan Mulog.

Advertisement

Kekurangan guru SD tersebut, tambah dia, merata untuk berbagai mata pelajara (mapel), yakni guru kelas, guru agama (Islam, Katolik, Kristen, Hindu dan Budha), Penjaskes dan Mulog.

Guna mengantisipasi persoalan ini, Dinas Pendidikan (Disdik) kota dan kabupaten DIY sepakat untuk menata secara intern. Artinya, masing-masing Disdik akan berusaha berkomunikasi dengan daerah lain untuk memenuhi kebutuhan, sedang Disdikpora DIY bertindak sebagai pengawas.

Solusi sementara dalam mengatasi persoalan ini disebutnya juga dipaparkan dalam rapat koordinasi (Rakor) bersama Kepala Disdik Kota dan Kabupaten DIY. Adapun, alternatif penyelesaian seperti penambahan tenaga pendidik dari jenjang pendidikan TK dan SMP.

Advertisement

Selanjutnya, untuk jenjang pendidikan SMP, SMA dan SMK rata-rata berlebih jumlah guru. Namun, untuk mapel tertentu jenjang pendidikan menengah inipun masih memerlukan tenaga pendidik baru.

“Misal guru Bahasa Indonesia di SMP berlebih, tapi guru bahasa inggris kurang,” imbuh Baskara Aji.

Penyebaran guru dari SMP ke SD, diakui Aji memiliki konsekuensi tertentu. Pasalnya, hal ini berkaitan dengan sertifikasi guru. Untuk itu, Disdik setempat harus memperhatikan persoalan ini saat menata guru.

Advertisement

Staf Kepegawaian Disdik Kota Jogja, Hasyim menyampaikan pendataan guru di Kota Jogja telah diselesaikan belum lama ini. Adapun, hasil pendataan telah diolah, dianalisa dan diserahkan kepada Kepala Disdik Kota Jogja.

Namun, ia tidak dapat menjelaskan secara detil kekurangan dan kelebihan guru di masing-masing jenjang pendidikan. Pasalnya, hasil pendataan  masih dibicarakan ditingkat provinsi.

Data Guru di DIY 2012

Advertisement

Jenjang Pendidikan SD Kebutuhan guru 16.009 orang Ketersediaan guru 13.619 orang Kekurangan guru 2.500 orang

Jenjang Pendidikan SMP Kebutuhan guru 5.554 orang Ketersediaan guru 6.204 orang Kekurangan guru 89 orang Kelebihan guru 739 orang

Jenjang Pendidikan SMA Kebutuhan guru 2.324 orang Ketersediaan guru 2.676 orang Kekurangan guru 99 orang Kelebihan guru 451 orang

Jenjang Pendidikan SMK Kebutuhan guru 3440 orang Ketersediaan guru 2776 orang Kekurangan guru 731 orang Kelebihan guru 67 orang

Sumber: Disdikpora DIY (JIBI/Harian Jogja/Mediani Dyah Natalia)

Advertisement
Harian Jogja - Jurnalis Solopos Media Group, menulis konten di media cetak dan media online.
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif