news
Langganan

10 Berita Terpopuler : Kisah Kelahiran Ibu Tien-Warga Beralih ke LPG Nonsubsidi - Espos Indonesia dari Solo untuk Indonesia

by Indah Septiyaning Wardani Rohmah Ermawati  - Espos.id News  -  Sabtu, 7 September 2024 - 11:58 WIB

ESPOS.ID - Prasasti berupa batu penanda tempat lahirnya Ibu Tien Soeharto di Monumen Jaten, Kecamatan Jaten, Kabupaten Karanganyar pada Jumat (6/9/2024). (Solopos.com/Indah Septiyaning Wardani)

Esposin, SOLO--Ulasan tentang Monumen Jaten yang terletak di Jalan Raya Solo-Tawangmangu tepatnya di Kecamatan Jaten, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah, menyimpan jejak sejarah istri Presiden kedua Soeharto, Siti Hartinah atau dikenal Tien Soeharto, menjadi salah satu berita terpopuler laman Esposin, Sabtu (7/9/2024) siang.

Berita terpopuler tersebut mengungkap kisah Tien Soeharto ini tertuang dalam prasasti pada batu besar yang letakkan di bagian halaman depan Monumen Jaten. Batu tersebut menjadi penanda bagi masyarakat akan kisah sang ibu negara.

Advertisement

Tertera di prasasti sebuah tulisan, “Di sini Pernah Berdiri Rumah Kepala Desa Atas Karunia Yang Maha Kuasa Lahirlah Kedunia Fana R. Aj. Siti Hartinah Rabu Kliwon Dua Puluh Tiga Agustus Seribu Sembilan Ratus Dua Puluh Tiga Putri Kedua RM. Ng. Soemoharjomo Panewu Jaten Soerakarta Kini Siti Hartinah Soeharto Nama Nan Abadi Takdir Ilahi Jua Menjadi Ibu Utama Indonesia Istri Presiden RI Karanganyar, Jaten 1 Maret 1992”.

Sayangnya, keberadaan prasasti itu tak luput dari coretan aksi vandalisme oleh oknum tidak bertanggung jawab.

Advertisement

Sayangnya, keberadaan prasasti itu tak luput dari coretan aksi vandalisme oleh oknum tidak bertanggung jawab.

Pengelola Monumen Jaten yang juga pengurus Masjid Fatimah, Alfandi Sutoyo, mengatakan Monumen Jaten Karanganyar tidak lepas dari kisah Ibu Tien Soeharto yang dilahirkan di sana.

Sehingga, Monumen ini juga dikenal masyarakat sebagai Monumen Ibu Tien. Monumen Jaten yang diresmikan tahun 1992 oleh Presiden Soeharto dulunya adalah rumah atau tempat tinggal dari Ibu Tien Soeharto.

Advertisement

“Soko tiang pendapa berjumlah ganjil, 23 sesuai tanggal lahir Ibu Tien Soeharto,” kata dia ketika berbincang dengan Esposin, Jumat (6/9/2024).

Saat ini, dia mengatakan pendapa di Monumen Jaten dikomersialkan untuk berbagai kegiatan kemasyarakatan. Seperti untuk lokasi pesta pernikahan dan kegiatan lainnya. Di bagian barat dari pendapa itu terdapat sumur tua berumur lebih dari 100 tahun.

Selain ulasan tersebut, kabar lainnya tentang formasi CPNS yang masih kosong pelamar, kejutan dari Timnas Indonesia, Festival Payung Nusantara dibuka hingga warga beralih ke elpiji nonsubsidi juga masuk daftar berita terpopuler siang ini.

Advertisement

Berikut 10 berita terpopuler Esposin 24 jam terakhir hingga Sabtu (7/9/2024) siang: 

10 Formasi CPNS Sragen Masih Kosong Pelamar, Ini Daftarnya

Prasasti Monumen Jaten Karanganyar, Kisah Ibu Tien Dilahirkan

Advertisement

BRI Sukoharjo Serahkan Hadiah Utama Panen Hadiah Simpedes

Pendaftaran CPNS Klaten Diperpanjang, Ada Satu Formasi Masih Kosong

Shin Tae-yong Sebut akan Ada Kejutan Lain seusai Timnas Tahan Imbang Arab Saudi

Banyak Warga Wongiri Beralih ke Elpiji Nonsubsidi, Penjualan Melonjak

Kenalkan Kekayaan Payung Nusantara, Fespin 2024 Dibuka di Balekambang Solo

Pengemudi Mobil dalam Kecelakaan Maut di Flyover Manahan Solo Jadi Tersangka

Bejat! Kakek di Ngawi Tega Rudapaksa Cucu Kandung yang Baru Berusia 4 Tahun

Sebabkan 6 Orang Meninggal Kecelakaan di Tol Boyolali, Sopir Jadi Tersangka

Advertisement
Rohmah Ermawati - Jurnalis Solopos Media Group, menulis konten di media cetak dan media online.
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif