news
Langganan

Cak Imin Klaim PKB Tak Pernah Terpikir Masuk Kabinet Prabowo-Gibran - Espos Indonesia dari Solo untuk Indonesia

by Newswire  - Espos.id News  -  Rabu, 18 September 2024 - 14:30 WIB

ESPOS.ID - Presiden terpilih periode 2024-2029 Prabowo Subianto berjabat tangan dengan Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Muhaimin Iskandar di Kantor DPP PKB, Jakarta, Rabu (24/4/2024). (Antara/Aditya Pradana Putra)

JAKARTA — Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Muhaimin Iskandar atau Cak Imin, menyebut partainya sama sekali tidak pernah terpikir mengenai kursi kabinet di pemerintahan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka mendatang.

“Soal kabinet sama sekali tidak pernah terpikirkan buat PKB. Dan PKB tahu persis kita merasa punya kewajiban menyukseskan pemerintahan, tetapi secara moral, kami merasa tidak perlu ikut campur urusan hak prerogatif presiden,” kata Cak Imin saat konferensi pers di Kantor DPP PKB, Jakarta, Rabu (18/9/2024). 

Advertisement

Menurut Cak Imin, PKB tidak mempunyai kewenangan apa pun terkait susunan kabinet. Hal itu, kata dia, mutlak menjadi hak prerogatif presiden terpilih.

“PKB sama sekali tidak punya kewenangan apa pun, mutlak itu hak prerogatif presiden, sehingga kita secara moral punya tanggung jawab agar pemerintahan yang akan datang betul-betul bermanfaat, memberikan kemakmuran, kesejahteraan, keamanan,” kata dia.

Selain itu, Cak Imin juga membantah kabar pertemuan dengan Presiden Terpilih Prabowo Subianto untuk membicarakan susunan kabinet.

Advertisement

“Belum, belum, memang enggak ada,” ucap Cak Imin singkat.

Senada, Wakil Ketua Umum PKB Jazilul Fawaid mengatakan, susunan kabinet merupakan hak prerogatif presiden, sehingga PKB tidak menawarkan nama-nama tertentu.

“PKB belum berpikir itu dan tidak terpikir, itu memang kewenangan prerogatif presiden, tunggu saja,” ucap dia sebagaimana dilansir Antara

Advertisement

Jazilul juga mengaku PKB belum bertemu dengan Prabowo untuk mengomunikasikan perihal kabinet. “Pokoknya PKB secara moral akan mendukung suksesnya pemerintahan Pak Prabowo,” imbuhnya.

Advertisement
Chelin Indra Sushmita - Jurnalis Solopos Media Group, menulis konten di media cetak dan media online.
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif