news
Langganan

BURSA CAGUB DKI: Hampir Pasti PKS Usung Hidayat Nurwahid di Pilkada DKI - Espos Indonesia dari Solo untuk Indonesia | Espos.id

by Jibi Solopos Dtc  - Espos.id News  -  Minggu, 18 Maret 2012 - 11:51 WIB

ESPOS.ID - More than just publish.

JAKARTA-- Sepertinya tinggal ketuk palu saja untuk memastikan PKS mengusung Hidayat Nurwahid untuk Pilkada DKI. Nama Hidayat muncul setelah PKS disia-siakan Fauzi Bowo dengan Partai Demokratnya.

Informasi yang dikumpulkan detikcom, Minggu (18/3/2012), skenario memunculkan Hidayat diambil dalam last minute. Langkah itu diambil menyusul bubarnya koalisi dengan Fauzi Bowo, setelah PD memilih nama Adang Ruchiatna sebagai cawagub.

Advertisement

Bagaimana nama Hidayat muncul ini, berawal dari bubarnya rencana mengusung pasangan Foke-Sani. Sikap PD yang memilih kader PDIP benar-benar membuat PKS harus berpikir ulang. Harus diusung calon kuat, yang tingkat kepopulerannya menyaingi Foke.

Nah, sejumlah nama pun dipertimbangkan untuk Cagub dan Cawagub. Triwisaksana atau Sani awalnya hendak didorong maju, namun setelah berhitung, Wakil Ketua DPRD DKI itu dinilai belum mampu melawan Foke.

Akhirnya untuk posisi Cagub dicari nama tokoh PKS yang memiliki skala nasional. Sejumlah nama sempat muncul, Hidayat Nurwahid, Anis Matta, ataupun Gubernur Jabar Ahmad Heryawan.

Advertisement

Rapat maraton digelar di markas PKS di TB Simatupang, dan di sejumlah tempat lainnya. Akhirnya nama Hidayat pun muncul, dia dianggap memiliki kans kuat untuk melawan Foke dan Alex Noerdin jagoan Golkar.

Sudah hampir 80 persen nama Hidayat yang akan dimajukan. Bila tidak aral melintang pengesahan akan dilakukan hari ini. Namun memang, bisa saja terjadi pembatalan bila ada lobi politik tingkat tinggi dengan partai lain, semua bisa berubah.

Kalau benar Hidayat yang diusung, apakah akan dipasangkan dengan Sani? Yang menarik, kabarnya Sani akan ditarik dari pencalonan. Akan disiapkan calon baru untuk berpasangan dengan Hidayat. Tapi ini semua masih tarik ulur. Kepastian baru akan didapat sore ini.

Advertisement

Sayangnya, petinggi PKS yang dikonfirmasi belum ada yang berani berbicara. Ketua DPP PKS Wilayah Dakwah Banten, Jakarta, dan Jawa Barat, Yudi Widiana pun saat dikonfirmasi hanya meminta agar menunggu. Dia hanya memastikan keputusan akan diambil hari ini.

"Calon yang akan diusung akan membuat kader lebih solid. Dan kita pun akan mudah mensosialisasikannya," jelas Yudi diplomatis saat berbincang.

Benarkah Hidayat yang maju atau ada nama lain yang muncul? Kita tunggu saja nanti siapa yang akan dipasang PKS melawan Foke dan Alex.

Advertisement
Anik Sulistyawati - Jurnalis Solopos Media Group, menulis konten di media cetak dan media online.
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif