news
Langganan

Bertahun-tahun Terparkir, Mobil Harun Masiku Ditemukan KPK - Espos Indonesia dari Solo untuk Indonesia

by Dany Saputra  - Espos.id News  -  Kamis, 12 September 2024 - 20:20 WIB

ESPOS.ID - Ilustrasi demo mencari Harun Masiku. (Istimewa)

Esposin, JAKARTA -- Tim penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) telah menemukan mobil milik Harun Masiku yang terparkir selama bertahun-tahun.

Ketua KPK sementara, Nawawi Pomolango menegaskan pihaknya tidak pernah berhenti mencari keberadaan Harun Masiku. Dia menyebut timnya telah berhasil menemukan sejumlah mobil yang diduga milik tersangka kasus suap anggota KPU tersebut. Meski demikian, dia tidak memerinci kapan mobil-mobil itu ditemukan.

Advertisement

"Harun Masiku kami tidak pernah berhenti, terus mencari. Apa yang kita temukan yang di apa tadi, kemarin dapat mobil-mobil yang dia parkir bertahun-tahun. Itu saja mungkin yang didapat," katanya kepada wartawan saat diskusi media di Bogor, Jawa Barat, Kamis (12/9/2024).

Mantan hakim itu bercerita bahwa selalu meminta informasi perkembangan penanganan kasus Harun setiap pekan kepada Kasatgas Penyidikan, Rossa Purbo Bekti.

"Hampir tiap pekan saya telpon dia (Rossa). ‘Mas bagaimana mas perkembangannya mas?’," ujarnya.

Advertisement

Sebagai informasi, Harun Masiku telah berstatus buron sejak 2020. Artinya, dia sudah masuk dalam daftar pencarian orang (DPO) KPK selama empat tahun belakangan.

Harun ditetapkan tersangka pemberi suap kepada mantan anggota KPU Wahyu Setiawan, terkait dengan penetapan anggota DPR pergantian antarwaktu (PAW) 2019–2024.

Mantan calon anggota legislatif (caleg) PDI Perjuangan (PDIP) itu belum diketahui keberadaannya sampai dengan sekarang. Padahal, Wahyu selaku penerima suap saat ini sudah dibebaskan dari lapas setelah divonis bersalah di pengadilan.

Advertisement

Kasus ini pun masih berlanjut. Teranyar, KPK telah memeriksa Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto sebagai saksi dalam kasus tersebut. Penyidik pun menyita handphone dan buku catatan miliknya.

Berita ini telah tayang di Bisnis.com dengan judul "Ketua KPK Sebut Temukan Mobil Milik Buronan Harun Masiku Terparkir Bertahun-tahun"

Advertisement
Chelin Indra Sushmita - Jurnalis Solopos Media Group, menulis konten di media cetak dan media online.
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif