news
Langganan

Bangun Hub Medan, Garuda Indonesia Datangkan Pesawat Baru CRJ1000 NextGen - Espos Indonesia dari Solo untuk Indonesia | Espos.id

by Dewi Andriani Jibi Bisnis Indonesia  - Espos.id News  -  Senin, 4 Maret 2013 - 14:40 WIB

ESPOS.ID - Pesawat penumpang jarak pendek Bombardier CRJ1000 NextGen dengan skema warna Garuda Indonesia. (www.bombardier.com)

Pesawat penumpang jarak pendek Bombardier CRJ1000 NextGen dengan skema warna Garuda Indonesia. (www.bombardier.com)

MEDAN – PT Garuda Indonesia Tbk akan mendatangkan 3 pesawat jenis Bombardier CRJ1000 NextGen ke Medan pada April mendatang seiring dengan pengembangan hub baru di Medan sekaligus mendukung pengoperasian Bandara Internasional Kuala Namu.

Executive Vice President (EVP) Strategy, Business, Development and Risk Management PT Garuda Indonesia Judi Rifajantoro mengatakan tiga pesawat tersebut akan digunakan untuk melayani penerbangan rute domestik di Pulau Sumatera yang memiliki density tinggi. “Pertengahan April nanti akan dioperasikan tiga pesawat CRJ 1000, khusus di Medan untuk rute domestik intra Sumatera penerbangan setiap hari antara lain dari Medan-Palembang, Medan-Padang, Medan-Pekanbaru,” ujarnya, Senin (4/3/2013).

Advertisement

Menurut dia, Garuda akan mendatangkan pesawat buatan Kanada tersebut secara bertahap, nantinya akan ada lima pesawat CRJ1000 yang dioperasikan di Medan hingga tahun 2014. Rute penerbangannya pun akan diperluas tidak hanya kawasan Sumatera tetapi juga penerbangan internasional. “Rencananya akan ada penerbangan dari Medan-Penang, Medan-Bangkok, Medan-Kuala Lumpur,” tuturnya.

Sebelumnya, Garuda Indonesia telah membuka Hub Makassar dengan mendatangkan 5 unit CRJ1000 yang melayani 12 rute penerbangan di kota-kota wilayah Timur Indonesia. Selain Makassar dan Medan, Garuda Indonesia akan membuka tiga hub baru lainnya yakni di Balikpapan, Denpasar, dan Surabaya. “Untuk mendukung simpul konektiftas, sampai 2015 kami akan membangun hub baru di 5 kota antara lain Medan, Surabaya, Denpasar, Makassar, dan Balikpapan. Juga akan ditambah mini hub di barat yakni di Batam,” ujarnya.

Pesawat CRJ 1000 merupakan generasi terbaru pabrikan Bombardier asal Kanada yang didesain lebih ramping untuk jarak tempuh pendek, maksimal 3 jam sekali penerbangan. Pesawat ini berkapasitas 90 kursi hingga 100 kursi, ruang kabin dan kargo.

Advertisement
Advertisement
Advertisement
R. Bambang Aris Sasangka - journalist, history and military enthusiast, journalist competency assessor and trainer
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif