news
Langganan

UPDATE SIAGA IJEN: 1,5 Km dari Gunung Ijen Dilarang Ada Aktivitas - Espos Indonesia dari Solo untuk Indonesia | Espos.id

by Amiruddin Zuhri Jibi Harian Jogja  - Espos.id News  -  Kamis, 9 Mei 2013 - 14:50 WIB

ESPOS.ID - More than just publish.

Ilustrasi Gunung Ijen (JIBI/Antara)

JOGJA—Kondisi Gunung Ijen berdasarkan data Pusat Vulkanologi Mitigasi Bencana Geologi terus menunjukkan aktivitas dinamis. Warga diimbau tidak beraktivitas di radius 1,5 kilometer dari kawah Ijen.

Advertisement

Kepala PVMBG, Surono dalam kepada Harian Jogja menjelaskan, berdasarkan pengamatan terjadi gempa vulkanik dangkal dua kali, gempa tremor satu kali dengan frekuensi dominan 1 Hz selama 34detik.

Selain itu juga terjadi satu kali gempa tektonik jauh dan tremor menerus dengan amplitudo 0,5-2 milimeter, dominan dua milimeter. Adapun kondisi visual cerah dan terang. Aktivitas lainnya adalah terjadi penurunan energi tremor yang ditengarai dengan penurunan amplitudo. Yakni dari semula rata rata 15 mm pada 20 Maret 2013 menjadi 2 mm saat ini.

Terkait kondisi ini, PVMB mengimbau warga di sekitar Gunung Ijen tetap tenang dan tidak terpancing dengan isu isu yang tidak bisa dipertanggungjawabkan sumbernya.

Advertisement

"Tetap tenang jangan terpancing isu. Masyarakat tetap harus mengikuti arahan Pemda," ujar Mbah Rono, sapaan akrab Surono.

Advertisement
Advertisement
Sumadiyono - Jurnalis Solopos Media Group, menulis konten di media cetak dan media online.
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif