news
Langganan

TRANSPORTASI MASSAL : Akhir Tahun, Kereta Rute Solo-Jogja-Kutoarjo Ditambah - Espos Indonesia dari Solo untuk Indonesia

by Mahardini Nur Afifah Jibi Solopos  - Espos.id News  -  Rabu, 3 Desember 2014 - 09:15 WIB

ESPOS.ID - Kereta api Prameks singgah di Stasiun Purwosari, Solo. (Burhan Aris Nugraha/JIBI/Solopos)

Esposin, SOLO — PT Kereta Api Indonesia (KAI) Daerah Operasional (Daops) VI Yogyakarta, bakal mengoperasikan kereta tambahan untuk rute perjalanan Solo-Jogja-Kutoarjo, pada akhir tahun ini.

Rangkaian Kereta Api (KA) New Jaka Tingkir yang berkapasitas 604 penumpang, akan dimanfaatkan untuk membantu mengangkut penumpang perjalanan jarak dekat setiap pagi.

Advertisement

KA New Jaka Tingkir menganggur cukup lama. Rangkaian masuk pada pukul 23.05 WIB. Kami berniat memanfaatkan kereta idle ini untuk mengangkut penumpang rute Solo-Jogja-Kutoarjo sebelum jam 07.00 WIB,” jelas Sigit Irawanta, Manager Komersial PT KAI Daops VI Yogyakarta, saat berbincang dengan wartawan di Stasiun Purwosari Solo, Senin (2/12/2014).

Sigit mengatakan realisasi pengoperasian kereta tambahan tersebut akan dilaksanakan akhir 2014.

“Kami akan mengujicobakan pada akhir pekan jelang libur Natal dan tahun baru nanti. Kami melihat kebutuhan [kereta api] terus meningkat. Selama ini setiap akhir pekan, okupansi [load factor] kereta Prameks pagi sangat tinggi,” ujarnya.

Advertisement

Disinggung mengenai tarif kereta api tambahan tersebut, Sigit mengungkapkan besaran tarifnya sama dengan Kereta Api Sidomukti. Kereta tersebut merupakan kereta idle dari KA Senja Utama Solo.

“Tarifnya nanti kurang lebih sama dengan Sidomukti [Rp15.000],” ungkap dia.

Selepas mengujicobakan kereta tambahan pagi jurusan Solo-Jogja-Kutoarjo, menurut Sigit, pihaknya akan melihat peluang untuk memberlakukan jadwal pada hari kerja.

Advertisement

 

Advertisement
Rohmah Ermawati - Jurnalis Solopos Media Group, menulis konten di media cetak dan media online.
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif