news
Langganan

Solopos Hari Ini : Subsidi PTN Harus Ditambah - Espos Indonesia dari Solo untuk Indonesia

by Tim Solopos  - Espos.id News  -  Selasa, 28 Mei 2024 - 07:45 WIB

ESPOS.ID - Koran Solopos edisi Selasa (28/5/2024).

Esposin, JAKARTA--Harian Umum Solopos edisi hari ini, Selasa (28/5/2024), mengangkat headline tentang Pemerintah melalui Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi akhirnya memutuskan menunda kenaikan jumlah uang kuliah tunggal (UKT) perguruan tinggi negeri (PTN) tahun ajaran 2024/2025.

Diberitakan Solopos hari ini, Mendikbudristek Nadiem Anwar Makarim me­nyampaikan hal ini seusai bertemu Presiden Joko Widodo untuk membahas masalah rencana kena­ikan UKT itu yang telah memicu reaksi negatif dan aksi demonstrasi mahasiswa di sejumlah PTN.

Advertisement

”Terima kasih atas masukan yang konstruktif dari berbagai pihak. Saya mendengar sekali as­pirasi mahasiswa, keluarga, dan masyarakat. Ke­­mendikbudristek pada akhir pekan lalu telah ber­koordinasi kembali dengan para pemimpin per­guruan tinggi guna membahas pembatalan ke­naikan UKT dan alhamdulillah semua lancar. Baru saja saya bertemu dengan Bapak Presiden dan beliau menyetujui pembatalan kenaikan UKT. Dalam waktu dekat Kemendikbudristek akan mereevaluasi ajuan UKT dari selu­ruh PTN,” kata Mendikbudristek sele­pas ber­temu Presiden Republik Indonesia Jo­ko Widodo di Istana Merdeka, Jakarta, Senin (27/5/2024).

”Saya bertemu Bapak Presiden un­tuk membahas berbagai hal di bi­dang pendidikan, salah satunya ada­lah perihal UKT. Saya mengaju­kan be­berapa pendekatan untuk bi­sa me­ngatasi kesulitan yang diha­dapi mahasiswa. Terkait imple­mentasi Per­mendikbud­ris­tek, Dir­jen Diktiristek akan mengu­mum­­kan de­tail teknisnya,” lanjut Mendik­bud­ris­tek.

Advertisement

”Saya bertemu Bapak Presiden un­tuk membahas berbagai hal di bi­dang pendidikan, salah satunya ada­lah perihal UKT. Saya mengaju­kan be­berapa pendekatan untuk bi­sa me­ngatasi kesulitan yang diha­dapi mahasiswa. Terkait imple­mentasi Per­mendikbud­ris­tek, Dir­jen Diktiristek akan mengu­mum­­kan de­tail teknisnya,” lanjut Mendik­bud­ris­tek.

Sebagai latar belakang, Per­­men­dikbud­ristek Nomor 2 Tahun 2024 tentang Standar Satuan Biaya Operasional Pendidikan Tinggi (SSBOPT) diterbitkan sebagai dasar pe­ning­katan Anggaran Pendapatan dan Belanja Ne­gara (APBN) bagi PTN dan PTN-BH.

Bupati Klaten Ambil Formulir Cawagub Jateng

KLATEN—Bupati Klaten, Sri Mulyani, mengambil formulir pendaftaran Calon Wakil Gubernur (Cawagub) Jawa Tengah (Jateng) di DPD PDIP Jateng, Senin (27/5/2024). Sri Mulyani mengungkapkannya saat kegiatan Sambang Warga di Kelurahan Mojayan, Kecamatan Klaten Tengah, Senin (27/5/2024). Saat itu dia meminta maaf karena datang terlambat di acara tersebut.

Mulyani mengatakan setelah dua periode menjabat sebagai bupati dengan berbagai dinamika yang muncul, dia berharap bisa mengabdikan diri menjadi pelayan masyarakat dengan cakupan yang lebih luas. “Kalau memang diridai Allah, kami melengkapi, kerja sama dengan calon gubernur yang akan sama-sama proses tahapannya masih cukup panjang. Niat saya untuk Klaten dan Jateng melanjutkan perjuangan,” kata Mulyani.

Advertisement

Kemenperin berupaya menjaga ketersediaan bahan baku industri pengolahan susu agar produktivitasnya berjalan baik dalam rangka memenuhi kebutuhan pasar domestik maupun ekspor. Adanya investasi baru di industri pengolahan susu, khususnya produsen susu cair, menyebabkan peningkatan kebutuhan bahan baku susu segar dari dalam negeri.

“Terjadi perubahan demand di pasar, dari susu bubuk dan susu kental manis, menjadi susu cair [UHT dan pasteurisasi] dalam beberapa tahun terakhir,” kata Direktur Jenderal Industri Agro Kementerian Perindustrian, Putu Juli Ardika, dalam keterangannya di Bali, Jumat (24/5/2024) dikutip dari laman kemenperin.go.id yang diakses Senin (27/5/2024).

Pusat Penelitian Rumput Laut Siap Bekerja

BADUNG–Kementerian Koordinator Kemaritiman dan Investasi (Kemenko Marves) bersama BRIN, Kementerian Kelautan dan Perikanan, serta Kementerian PPN/Bappenas meluncurkan International Tropical Seaweed Research Center (ITSRC) atau pusat penelitian rumput laut tropis di Kabupaten Badung, Bali, Rabu (22/5/2024).

Menko Marves Luhut Binsar Pandjaitan mengatakan ITSRC menandai langkah penting dalam kolaborasi global untuk penelitian, pengembangan, dan integrasi hulu ke hilir dalam industri rumput laut. “ITSRC ini akan berperan sebagai pusat studi, pusat penelitian ilmiah, transfer teknologi, dan peningkatan kapasitas di industri rumput laut,” kata dia.

Advertisement

Pemerintah sudah melakukan berbagai penelitian dan kegiatan dalam pengembangan rumput laut, sementara beberapa perguruan tinggi dan lembaga juga melakukan kajian mengenai potensi, permasalahan, dan tantangan terkait rumput laut.

Simak berita di Koran Solopos edisi hari ini, Selasa (28/5/2024), lewat gawai Anda dengan mengakses koran.espos.id. Untuk memulai berlangganan silakan daftar ke Solopos ID dengan harga mulai Rp9.999. Berlangganan Solopos ID, Anda bisa mengakses berita Koran Solopos lewat gadget, membaca konten khas Esposin yaitu Espos Plus, serta menikmati semua berita di Esposin tanpa gangguan iklan.

Bila ada pertanyaan atau kendala mengenai Solopos ID, Anda bisa mengakses Pusat Bantuan atau menghubungi WhatsApp pusat layanan pelanggan SoloposID di 081548554656.

Advertisement
Rohmah Ermawati - Jurnalis Solopos Media Group, menulis konten di media cetak dan media online.
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif