news
Langganan

Solopos Hari Ini : Spirit Menembus Batas

by Tim Solopos  - Espos.id News  -  Senin, 7 Oktober 2024 - 08:23 WIB

ESPOS.ID - Koran Solopos edisi Senin (7/10/2024).

Esposin, SOLO--Harian Umum Solopos edisi hari ini, Senin (7/10/2024), mengangkat headline tentang Pekan Paralimpiade Nasional (Peparnas) XVII Solo 2024 diharapkan bukan hanya menjadi kompetisi nasional para atlet difabel, melainkan juga ajang kesetaraan dan afirmasi kemampuan mereka menembus batas.

Diberitakan Solopos hari ini, dalam upacara pembukaan yang berlangsung di Stadion Manahan, Solo, Minggu (6/10/2024) ma­lam, Presiden Joko Widodo (Jokowi) berharap Pe­parnas XVII Solo 2024 bisa menjadi panggung kesetaraan bagi para atlet penyandang disabilitas. Dia juga mengatakan Peparnas XVII Solo ini menjadi ajang regenerasi bagi para atlet.

Advertisement

“Untuk saya Peparnas ini spesial, tadi siang saya terbang dari Ibu Kota Negara [IKN] Nu­santara ke Solo, khusus untuk acara ini. Khusus untuk bertemu para atlet peserta Peparnas, saya senang bertemu Anda semua malam ini,” kata Jokowi.

”Kita harus berbangga karena para atlet penyandang disabilitas ini daya juang dan prestasinya luar biasa. Salah satunya di ajang ASEAN Paragames, juara umum tiga kali beruntun,” sambungnya.

Advertisement

”Kita harus berbangga karena para atlet penyandang disabilitas ini daya juang dan prestasinya luar biasa. Salah satunya di ajang ASEAN Paragames, juara umum tiga kali beruntun,” sambungnya.

Untuk itu, dia berharap ajang Peparnas bisa berjalan lancar dan menjadi ajang olahraga yang sportif. “Oleh sebab itu mari kita sukseskan Peparnas ini, yang tidak hanya mencetak atlet baru saja, tetapi panggung kesetaraan bagi para atlet penyandang disabilitas. Mari bertanding dengan semangat persaudaraan dan sportivitas,” tuturnya.

Teka-teki Subsidi BBM Era Prabowo

Advertisement

Tim Prabowo dikabarkan tengah menggodok perubahan skema subsidi BBM menjadi bantuan langsung tunai (BLT). Opsi tersebut tengah dikaji dengan harapan penyaluran subsidi energi bisa tepat sasaran. Pemerintahan Prabowo juga akan memutuskan apakah wacana pembatasan BBM bersubsi­di yang digulirkan pemerin­tahan Presiden Jo­ko Widodo (Jokowi) jadi di­laksanakan.

Kementerian Energi dan Sum­ber Daya Mineral (ESDM) me­nyebut skema pembatasan BBM subsidi kemungkinan tidak terealisasi pada periode Presiden Jokowi. Pasalnya, masa jabatan Jokowi hanya tinggal dua pekan menuju pelantikan Prabowo.

Kemendag Segera Lakukan Kajian

Advertisement

JAKARTA—Kementerian Perdagangan (Kemendag) segera mengkaji penyebab sekaligus dampak penurunan harga sejumlah komoditas pangan yang terlampau murah.

Hal itu disampaikan Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan di Istana Kepresidenan Jakarta, Jumat (4/10/2024). “Apa karena suplainya banyak sekali sehingga harganya terlalu murah atau daya beli yang turun, nanti kami lihat, kami kaji lebih lanjut,” kata Zulhas, sapaan akrabnya.

Dia mengatakan kerap dirundung atau di-bully manakala menyebut harga sebuah komoditas terlalu murah. Padahal, kata dia, harga komoditas pangan yang terlalu murah dapat berdampak bagi petani. “Dulu kan saya sering di-bully, saya kalo ngomong ini harganya kemurahan terus di-bully, dimarah-marahi saya ini,” jelasnya.

Advertisement

Jumlah Penonton Film Tertinggi Sepanjang Sejarah

PANGKALPINANG—Lembaga Sensor Film (LSF) telah menyensor 40.000 materi, judul, dan iklan film di Indonesia agar masyarakat mendapatkan konten perfilman yang bermutu dan berkualitas. Sementara itu, jumlah penonton film Indonesia hingga awal Oktober 2024 sudah mencapai 60 juta orang, tertinggi sepanjang sejarah.

“Pada tahun ini kami sudah menyensor 40.000 film yang akan ditayangkan di bioskop, televisi, persewaan, dan jaringan informatika,” kata Wakil Ketua LSF Noorca M. Massardi saat membuka sosialisasi gerakan budaya nasional sensor mandiri di Pangkalpinang, Rabu (2/10/2024).

Penyensoran materi, judul, dan iklan film ini sesuai dengan Undang-Undang Nomor 33 Tahun 2009 tentang Perfilman. Setiap film yang akan diedarkan wajib mendapatkan surat tanda lulus sensor dari LSF.

Simak berita di Koran Solopos edisi hari ini, Senin (7/10/2024), lewat gawai Anda dengan mengakses koran.espos.id. Untuk memulai berlangganan silakan daftar ke Solopos ID dengan harga mulai Rp9.999. Berlangganan Solopos ID, Anda bisa mengakses berita Koran Solopos lewat gadget, membaca konten khas Espos.id yaitu Espos Plus, serta menikmati semua berita di Espos.id tanpa gangguan iklan.

Bila ada pertanyaan atau kendala mengenai Solopos ID, Anda bisa mengakses Pusat Bantuan atau menghubungi WhatsApp pusat layanan pelanggan SoloposID di 081548554656.

Advertisement
Rohmah Ermawati - Jurnalis Solopos Media Group, menulis konten di media cetak dan media online.
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif