news
Langganan

Solopos Hari Ini : "Semua Proyek Jalan Terus"

by Tim Solopos  - Espos.id News  -  Rabu, 25 September 2024 - 08:17 WIB

ESPOS.ID - Koran Solopos edisi Rabu (25/9/2024).

Esposin, SOLO--Harian Umum Solopos edisi hari ini, Rabu (25/9/2024), mengangkat headline tentang mulai hari ini hingga dua bulan mendatang Kota Solo akan dipimpin Dhoni Widianto selaku Pejabat Sementara (Pjs.) Wali Kota Solo. Inspektur Provinsi Jawa Tengah ini akan bertugas hingga Sabtu (23/11/2024).

Diberitakan Solopos hari ini, Dhoni dikukuhkan sebagai Pjs. Wali Kota Solo oleh Penjabat (Pj.) Gubernur Jawa Tengah, Nana Sudjana, di Wisma Perdamaian Provinsi Jawa Tengah, Kota Semarang, Selasa (24/9/2024) pukul 13.00 WIB.

Advertisement

Selain Pjs. Wali Kota Solo, Nana Sudjana mengukuhkan Pjs. Bupati Pemalang, Agung Hariyadi; Pjs. Bupati Purworejo, Endi Faiz Effendi; Pjs. BupatI Kebumen, Boedyo Dharmawan; Pjs. Bupati Pekalongan, Widi Hartanto, dan Pjs Wali Kota Magelang, Ahmad Aziz, Nana Sudjana juga menyerahkan surat perpanjangan masa jabatan Penjabat Bupati Temanggung Hary Agung Prabowo.

Pengukuhan pjs. bupati dan pjs. wali kota itu dilakukan lantaran para kepala daerah definitif di enam daerah tersebut sedang cuti kampanye, karena mencalonkan diri sebagai calon bupati/wali kota pada Pilkada serentak 2024 di wilayahnya masing-masing. Dhoni menjadi pemimpin sementara Kota Solo lantaran Wali Kota Solo, Teguh Prakosa, cuti dalam rangka mengikuti kontestasi Pilkada Solo 2024.

Advertisement

Pengukuhan pjs. bupati dan pjs. wali kota itu dilakukan lantaran para kepala daerah definitif di enam daerah tersebut sedang cuti kampanye, karena mencalonkan diri sebagai calon bupati/wali kota pada Pilkada serentak 2024 di wilayahnya masing-masing. Dhoni menjadi pemimpin sementara Kota Solo lantaran Wali Kota Solo, Teguh Prakosa, cuti dalam rangka mengikuti kontestasi Pilkada Solo 2024.

Pengukuhan para pejabat sementara kepala daerah di Jateng itu dihadiri sejumlah pejabat daerah termasuk Wali Kota Solo Teguh Prakosa dan Sekda Solo Budi Murtono. Teguh Prakosa akan cuti sebagai Wali Kota Solo selama masa kampanye Pilkada 2024, Rabu (25/9/2024) sampai Sabtu (23/11/2024).

Lukisan Jadi Media Ekspresi Anak Penyandang Autis

Advertisement

Rumah yang menjadi tempat memajang lukisan-lukisan itu adalah Kantor Loveland Indonesia, sebuah gerakan pembinaan dan pengembangan potensi difabel. Lukisan-lukisan yang dipajang itu adalah karya anak-anak penyandang autisme, penyandang disabilitas, dan disleksia.

Karya-karya itu menggambarkan imajinasi mereka dan dipamerkan dalam Gelar Karya Autisme Uniquely One bertajuk Daya Juang selama tiga hari mulai 22 September-24 September. Pameran lukisan anak autisme itu diselenggarakan Loveland dan Yayasan Tawon Gulo Indonesia.

Belajar dari Swasembada Pangan China

Advertisement

JAKARTA—Indonesia harus belajar dari China agar dapat merealisasikan swasembada pangan. Teknologi yang digunakan China dapat digunakan di dalam negeri.

Saat ini, Bank Dunia atau World Bank mengungkap daya tumbuh produksi padi di Indonesia masih lemah meskipun pemerintah telah jor-joran memberikan subsidi di sektor pertanian. Pertumbuhan beras tak lebih dari 1% per tahun. Wakil Menteri Pertanian (Wamentan) Sudaryono menyatakan Indonesia bisa meniru cara China dalam merealisasikan swasembada pangan.

“Di tengah tantangan perubahan iklim dan keterbatasan lahan, kita bisa belajar teknologi dan kebijakan pertanian mereka,” kata Sudaryono dilansir dari Antara, Senin (23/9/2024). Kerja sama strategis antara Indonesia dan China penting dalam upaya meningkatkan ketahanan pangan nasional.

Advertisement

Hari Ini, Saluran Irigasi Colo Barat Ditutup

WONOGIRI — Saluran irigasi Colo Barat dijadwalkan ditutup pada Rabu (25/9/2024). Saluran irigasi yang mengairi sawah di wilayah Wonogiri hingga Klaten ini akan ditutup selama sebulan untuk perawatan.

Ketua Gabungan Perkumpulan Petani Pemakai Air (GP3A) Colo Barat, Rusdiyanto, mengatakan penutupan rutin tahunan saluran irigasi Colo Barat semestinya dilakukan pada Rabu pagi jika mengacu jadwal yang sudah disepakati.

Rencana penutupan sudah disepakati dalam audiensi antara Balai Besar Wilayah Sungai Bengawan Solo (BBWSBS), Perum Jasa Tirta (PJT) I Wilayah Sungai Bengawan Solo, dan petani pemanfaatan saluran irigasi Colo Barat di Kecamatan Tawangsari, Sukoharjo, Jumat (23/8/2024). Jadwal itu pun sebenarnya mundur dari rencana awal 9 September 2024.

Simak berita di Koran Solopos edisi hari ini, Rabu (25/9/2024), lewat gawai Anda dengan mengakses koran.espos.id. Untuk memulai berlangganan silakan daftar ke Solopos ID dengan harga mulai Rp9.999. Berlangganan Solopos ID, Anda bisa mengakses berita Koran Solopos lewat gadget, membaca konten khas Esposin yaitu Espos Plus, serta menikmati semua berita di Esposin tanpa gangguan iklan.

Bila ada pertanyaan atau kendala mengenai Solopos ID, Anda bisa mengakses Pusat Bantuan atau menghubungi WhatsApp pusat layanan pelanggan SoloposID di 081548554656.

Advertisement
Rohmah Ermawati - Jurnalis Solopos Media Group, menulis konten di media cetak dan media online.
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif