news
Langganan

Solopos Hari Ini : Pilkada Gunakan Putusan MK - Espos Indonesia dari Solo untuk Indonesia

by Tim Solopos  - Espos.id News  -  Jumat, 23 Agustus 2024 - 07:58 WIB

ESPOS.ID - Koran Solopos edisi Jumat (23/8/2024).

Esposin, JAKARTA--Harian Umum Solopos edisi hari ini, Jumat (23/8/2024), mengangkat headline tentang Rancangan Undang-Undang tentang Perubahan Keempat atas Undang-Undang Nomor 1 Tahun 2015 atau RUU Pilkada akhirnya batal disahkan.

Diberitakan Solopos hari ini, Pilkada 2024 akan merujuk pada putusan Mahkamah Konstitusi (MK) terbaru soal ambang batas bagi partai politik untuk mengusung calon serta putusan MK mengenai batas usia calon.

Advertisement

Kepastian soal batalnya RUU Pilkada disampaikan Wakil Ketua DPR Sufmi Dasco Ahmad, Kamis (22/8/2024). Awalnya dia menyatakan hal ini melalui unggahan di akun media sosialnya di X.

“Pengesahan revisi uu pilkada yg direncanakan hari ini tgl 22 AGT ..BATAL dilaksanakan, oleh karenanya pada saat pendaftaran pilkada pada tgl 27 agustus nanti yang akan berlaku adalah keputusan JR MK yang mengabulkan gugatan Partai Buruh dan Partai Gelora,” tulis dia yang diunggah pada Kamis sore.

Advertisement

“Pengesahan revisi uu pilkada yg direncanakan hari ini tgl 22 AGT ..BATAL dilaksanakan, oleh karenanya pada saat pendaftaran pilkada pada tgl 27 agustus nanti yang akan berlaku adalah keputusan JR MK yang mengabulkan gugatan Partai Buruh dan Partai Gelora,” tulis dia yang diunggah pada Kamis sore.

Pernyataan ini kemudian dipertegasnya dalam jumpa pers di Gedung DPR/MPR, Senayan, Jakarta, Kamis malam. Dia juga menjamin tidak akan ada agenda pengesahan RUU Pilkada secara diam-diam setelah batal disahkan dalam rapat paripurna yang awalnya diagendakan pada Kamis pagi. Dia mengatakan bahwa sesuai aturan tata tertib, rapat paripurna hanya bisa digelar pada hari Selasa atau Kamis.

Pengetahuan Kunci Antisipasi Kekerasan Seksual

Cukup lama kasus kekerasan atau kejahatan seksual diang­gap sebagai aib. Korban yang seharusnya mendapatkan perlindungan dan keadilan justru dikucilkan, mendapatkan stigma buruk, dikeluarkan dari sekolah, sehingga tidak tahu lagi harus melakukan apa. Namun saat ini pengetahuan terkait kekerasan seksual (KS) semakin berkembang. Masyarakat mulai mengubah pandangan bahwa KS bukan lagi aib dan sudah ada payung hukum untuk melindungi para korban.

Hal itu diungkapkan penulis buku dan pemerhati serta pemengaruh masalah gender, Kalis Mardiasih, Rabu (21/8/2024) malam. Saat itu dia berbicara dalam acara diskusi buku Luka-Luka Lini Masa yang ditulisnya, yang digelar Solopos Media Group (SMG) berkolaborasi dengan Penerbit Akhir Pekan dan Patjar Merah di Radya Litera Multifunction Hall, Griya Solopos, Laweyan, Solo.

Advertisement

Hal itu disampaikan Peneliti Lembaga Penyelidikan Ekonomi dan Masyarakat (LPEM) Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia (FEB UI) Mohamad Dian Revindom melalui keterangan pers di Jakarta, Kamis (22/8/2024). “Juga untuk memperoleh input yang kompetitif dari pasar global untuk penguatan produksi dalam negeri,” kata dia.

Namun demikian, perdagangan internasional menghadapi tantangan akibat ketidakpastian situasi global, termasuk konflik Timur Tengah dan krisis Rusia-Ukraina serta gangguan produksi pangan dunia akibat El Nino.

Serapan Perumahan Tipe Mini Meningkat

SOLO—Kuota fasilitas likuiditas pembiayaan perumahan (FLPP) bagi masyarakat berpenghasilan rendah (MBR) disebut telah habis terserap pada Agustus 2024. Insentif yang diberikan untuk hunian tersebut dinilai mencerminkan serapan perumahan tipe kecil meningkat.

Penilaian itu disampaikan dosen Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo, Ariyanto Adhi Nugroho, Kamis (22/8/2024).

Advertisement

“Yang ramai baru dibicarakan terkait kuota FLPP yang diprediksi kurang juga menjadi bukti bagaimana serapan pasar akan perumahan tipe kecil meningkat. Kuota yang ditetapkan pada 2024 sebesar 166.000 unit dinilai akan habis di beberapa waktu ke depan. Tentunya dalam menentukan FLPP tersebut pemerintah sudah berhitung, kemampuan fiskal pemerintah pada 2024 ini,” terang Ariyanto saat dihubungi Espos, Kamis.

Simak berita di Koran Solopos edisi hari ini, Jumat (23/8/2024), lewat gawai Anda dengan mengakses koran.espos.id. Untuk memulai berlangganan silakan daftar ke Solopos ID dengan harga mulai Rp9.999. Berlangganan Solopos ID, Anda bisa mengakses berita Koran Solopos lewat gadget, membaca konten khas Esposin yaitu Espos Plus, serta menikmati semua berita di Esposin tanpa gangguan iklan.

Bila ada pertanyaan atau kendala mengenai Solopos ID, Anda bisa mengakses Pusat Bantuan atau menghubungi WhatsApp pusat layanan pelanggan SoloposID di 081548554656.

Advertisement
Rohmah Ermawati - Jurnalis Solopos Media Group, menulis konten di media cetak dan media online.
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif