news
Langganan

Solopos Hari Ini : Menuju Duel Teguh Vs MN X - Espos Indonesia dari Solo untuk Indonesia

by Tim Solopos  - Espos.id News  -  Selasa, 23 Juli 2024 - 07:49 WIB

ESPOS.ID - Koran Solopos edisi Selasa (23/7/2024).

Esposin, SOLO--Harian Umum Solopos edisi hari ini, Selasa (23/7/2024), mengangkat headline tentang manuver Partai Solidaritas Indonesia (PSI) memberikan rekomendasi kepada penguasa Pura Mangkunegaran, K.G.P.A.A. Mangkunagoro X, sebagai calon wali kota menjadi sinyal semakin kuatnya peluang pertarungan dua calon (head to head) pada Pilkada Solo 2024.

Diberitakan Solopos hari ini, Ketua DPC Partai Gerindra Solo, Ardianto Kuswinarno, mengaku se­nang dengan pemberian reko­mendasi kepada Mangkunagoro X dari PSI. Namun, katanya, apa yang diberikan PSI kepada Mang­kunagoro X bukan surat rekomen­dasi, melainkan simbol dukungan atau persetujuan partai berlambang bunga mawar itu.

Advertisement

“Sebagai orang partai, itu bukan rekomendasi nggih kemarin itu. Kalau rekomendasi kan tertulis. Re­komendasi itu ada suami-istrinya. Jadi ada cawali-cawawalinya [pasangan calon wali kota-calon wakil wali kota],” ujar dia, Senin (22/7/2024).

Ardianto menjelaskan surat re­komendasi pasti tertulis karena men­jadi syarat mendaftar ke Komisi Pemilihan Umum (KPU). Tetapi, se­bagai partai yang juga mendorong Mangkunagoro X maju ke Pilkada Solo 2024, Ardianto senang dengan manuver PSI. Dia mengaku akan lebih senang jika semua partai menyetu­jui Mangkunagoro X sebagai calon wali kota Solo.

Advertisement

Ardianto menjelaskan surat re­komendasi pasti tertulis karena men­jadi syarat mendaftar ke Komisi Pemilihan Umum (KPU). Tetapi, se­bagai partai yang juga mendorong Mangkunagoro X maju ke Pilkada Solo 2024, Ardianto senang dengan manuver PSI. Dia mengaku akan lebih senang jika semua partai menyetu­jui Mangkunagoro X sebagai calon wali kota Solo.

“Kemarin itu sema­cam sim­­bolis bahwa PSI menyetujui Gus­ti Bhre [Mangkunagoro X] ma­ju AD 1. Bukan rekomendasi itu. Salah itu kalau [disebut] re­komendasi. Saya cukup se­nang karena kami ikut mendo­rong Gusti Bhre maju,” terang dia.

Berlanjutnya Krisis Siswa Baru SD Negeri

SOLO—Awal tahun ajaran 2024/2025 kembali menunjukkan masalah klasik, yakni kekurangan peserta didik (siswa) khususnya di sekolah-sekolah dasar negeri (SDN). Persaingan dengan SD swasta dinilai bukan penyebabnya.

Di Kota Solo, berlanjutnya fenomena itu sedikitnya muncul di SDN Dawung Tengah dan SDN Carangan. SDN Dawung Tengah hanya mendapatkan dua siswa baru, sedangkan SDN Carangan empat orang. Bangku-bangku kosong melompong terpampang di ruang kelas I SDN Dawung Tengah pada hari pertama masuk sekolah, Senin (22/7/2024). Hanya ada dua pasang meja-kursi yang terisi siswa baru.

Advertisement

Beberapa merek lokal dengan inovasi dan keunikan masing-masing serta kemasan botol menarik, hingga kualitas yang setara dengan merek impor, muncul dan berkembang pesat. Industri parfum Indonesia berkembang pesat dengan jenama lokal yang mampu bersaing di pasar global. Minyak nilam Indonesia menjadi kunci sukses.

Parfum, bagi sebagian orang, bukan sekadar pengharum, melainkan simbol gaya hidup. Oleh karena itu, para penggila wewangian tidak ragu merogoh kocek dalam-dalam untuk membeli produk tersebut. Harga per botol kecil parfum impor bisa mencapai jutaan rupiah. Dikutip dari laman Indonesia.go.id, Senin (22/7/2024), seiring dengan gaya hidup yang meningkat, industri parfum berkembang pesat.

Butuh 5 Kali UMK Solo

SOLO—Rumah di daerah Colomadu, Kabupaten Karanganyar, atau sisi barat Kota Solo, semakin tak terbeli bagi pekerja dengan upah minimum kota/kabupaten (UMK) Solo dan sekitarnya. Sebab, pengembang membanderol rumah minimal Rp750 juta di wilayah tersebut. Harga tanah di sana pun tak relevan untuk dijadikan lahan rumah bersubsidi. Sebab, semester tanah di Colomadu berkisar Rp3 juta/meter persegi.

Ketua Himpunan Pengembang Pemukiman dan Perumahan Rakyat (Himperra) DPC 4 Soloraya, Sigid Sugiharjo, menyebut harga rumah di Colomadu memang meroket. Dia mengatakan para pengembang mematok harga rumah minimal Rp750 juta. Namun hal ini tergantung dari luas tanah dan bangunan yang ditawarkan. “Perkiraan harga lahan mentah di Colomadu berkisar Rp3 juta ke atas,” terang Sigid, saat dihubungi Esposin, Minggu (21/7/2024).

Advertisement

Walaupun harga tanah di sana relatif mahal, menurut Sigid, wilayah Colomadu masih sangat prospektif bagi industri properti. Apalagi kini rumah pensiun bagi Presiden Joko Widodo (Jokowi) juga segera dibangun. Pantauan Espos, Senin (22/7/2024), aktivitas pembangunan rumah pensiun Presiden Jokowi terus berlanjut. Lahan untuk rumah pensiun itu ditutupi seng.

Simak berita di Koran Solopos edisi hari ini, Selasa (23/7/2024), lewat gawai Anda dengan mengakses koran.espos.id. Untuk memulai berlangganan silakan daftar ke Solopos ID dengan harga mulai Rp9.999. Berlangganan Solopos ID, Anda bisa mengakses berita Koran Solopos lewat gadget, membaca konten khas Esposin yaitu Espos Plus, serta menikmati semua berita di Esposin tanpa gangguan iklan.

Bila ada pertanyaan atau kendala mengenai Solopos ID, Anda bisa mengakses Pusat Bantuan atau menghubungi WhatsApp pusat layanan pelanggan SoloposID di 081548554656.

Advertisement
Rohmah Ermawati - Jurnalis Solopos Media Group, menulis konten di media cetak dan media online.
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif