Sebelum Wisuda, Mahasiswa UT Surakarta Dibekali Cara Membangun Networking

author
Selasa, 10 September 2024 - 15:48 WIB
bagikan
Sebelum Wisuda, Mahasiswa UT Surakarta Dibekali Cara Membangun Networking
ESPOS.ID - Konten kreator sekaligus dosen Universitas Negeri Semarang (Unnes), Hendi Pratama, mengisi seminar menjelang wisuda mahasiswa UT Surakarta di Graha Saba Buana, Sumber, Solo, Selasa (10/9/2024). (Solopos/Dhima Wahyu Sejati)

Esposin, SOLO — Ratusan mahasiswa Universitas Terbuka (UT) Surakarta mengikuti seminar dalam rangka wisuda di Graha Saba Buana, Jl Letjen Suprapto No 80-B, Sumber, Banjarsari, Kota Solo, Selasa (10/9/2024).

Direktur UT Surakarta, Yulia Budiwati, mengatakan seminar ini sengaja digelar untuk memberikan nilai tambah kepada mahasiswa sebelum mereka mengikuti prosesi wisuda esok harinya. Dia mengatakan dalam seminar kali ini mahasiswa diajari cara membangun relasi atau networking sedini mungkin.

“Keahlian mahasiswa ini mungkin tidak disadari, salah satunya adalah networking. Mahasiswa UT sebetulnya bervariasi dari berbagai daerah dan profesi. Ini bisa menjadi modal, tapi tidak dimanfaatkan tapi kurang mengerti,” kata dia ketika ditemui selepas seminar, Selasa.

Dia berharap setelah diberikan materi mengenai cara membangun relasi, mahasiswa bisa memanfaatkan ilmu itu setelah lulus. Dia mengatakan mahasiswa sebetulnya bisa membangun jejaring mulai dari kampus. Hal itu karena mahasiswa UT berasal dari seluruh Indonesia.

“Kenapa mahasiswa UT minder, padahal jaringan UT sangat luas, karena mahasiswa itu dari seluruh Indonesia bahkan dari luar negeri. Channel juga sudah kita bentuk, ini bisa dimanfaatkan,” kata dia.

Seminar yang mengangkat tema Pengembangan Diri Melalui Pembentukan Networking dalam Rangka Menunjang Karir itu menghadirkan narasumber konten kreator sekaligus dosen Universitas Negeri Semarang (Unnes), Hendi Pratama.

Hendi mengatakan penting bagi mahasiswa setelah lulus untuk terus mengembangkan diri. Dia mengatakan terdapat lima aspek yang perlu direncanakan untuk mengembangkan diri yakni finansial, relationship, intelektual, sepiritual, dan kesehatan.

Selain itu setelah lulus, menurutnya, mahasiswa harus pandai membangun jaringan atau networking. Dia mengatakan kemampuan ini harus dimiliki. Salah satu caranya adalah belajar komunikasi. Selain perlu mengikuti organisasi.

“Bisa dibilang orang itu rezekinya bisa diukur dari kualitas dan kuantitas network-nya. Kita memang skill substansi yang didapat ketika di bangku kuliah harus dapat. Tapi networking ini adalah softskill yang tidak bisa diremehkan,” kata dia selepas seminar, Selasa.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
author
Suharsih -

Jurnalis Solopos Media Group, menulis konten di media cetak dan media online.

Berita Lainnya