Esposin, SEOUL – Menurut riset Counterpoint Research, Samsung saat ini memiliki 22% market share di pasar smartphone Indonesia. Sedangkan Oppo mengekor di belakangnya dengan pangsa pasar 17,3%.
Promosi UMKM Binaan BRI, Minimizu Bawa Keunikan Dekorasi Alam ke Pameran Kriyanusa 2024
Penjualan Samsung di Indonesia memang terbilang sangat tinggi. Penelitian terbaru oleh biro riset Counterpoint Research di kuartal II 2016 atau dari bulan Juli sampai sekarang telah membuktikan dominasi Samsung.
Sedangkan bagi Oppo, ini adalah untuk pertama kalinya bagi vendor asal Tiongkok berada di posisi runner up. Menjadikan Indonesia sebagai pasar terbesar kedua bagi Oppo setelah India.
Counterpoint menyatakan kesuksesan Oppo tidak lepas dari investasi besarnya dalam membangun fasilitas manufaktur domestik sekaligus ekspansi distribusi. Mereka juga agresif beriklan dengan menyewa selebritis untuk menarik kaum muda.
Kemudian berada di ranking ketiga adalah vendor asal Taiwan Asus dengan market share 13,9%. Model terlarisnya diketahui adalah Zenfone Go.
Kemudian di peringkat keempat dan kelima berturut-turut adalah brand lokal Evercoss dan Smartfren. Masing-masing menggenggam pangsa pasar 6,4% dan 5,9%.
Sementara itu, pembelian ponsel secara online makin marak di Indonesia, dengan 12% pengapalan smartphone dilakukan melalui chanel e-commerce. Kemudian fakta menarik lain, dua pertiga handset yang dikapalkan selama kuartal II 2016 adalah smartphone.