news
Langganan

Rupiah Terus Melemah - Espos Indonesia dari Solo untuk Indonesia

by Hedwi Prihatmoko Jibi Bisnis  - Espos.id News  -  Kamis, 6 September 2012 - 23:15 WIB

ESPOS.ID - Uang Rupiah (Foto: Bisnis-Jabar)

JAKARTA-- Pelemahan nilai tukar rupiah terhadap dollar Amerika Serikat masih terus terjadi. Pada penutupan Kamis (6/9/2012), nilai kurs tengah rupiah tercatat pada level 9.592 per US$.

Advertisement

Pelemahan rupiah berlangsung  sejak Selasa (4/9/2012) yang pada saat itu berada di level 9.578 per US$. Kisaran kurs tengah rupiah yang berada pada level 9.500-an telah berlangsung selama dua minggu, yaitu sejak Jumat (24/8/2012).

Hartadi A. Sarwono, Deputi Gubernur Bank Indonesia, menganggap bahwa pelemahan rupiah itu normal terjadi.

“Level nilai tukar itu ditetapkan di pasar dengan prinsipnya yang sangat dekat dengan balance of payment. Kita tahu bahwa balance of payment kita itu mengalami defisit yang membuat rupiah kita itu melemah,” paparnya, Kamis (6/9/2012)

Advertisement

Hartadi meyakini rupiah akan berada di kisaran level 9.200-9.400 sampai dengan akhir tahun ini. “Rata-rata year to date baru di kisaran level 9.270,” tambahnya. Dia juga yakin jika angka defisit mengecil, kisaran level  9.200-9.400 pada akhir tahun akan bisa tercapai.

Dia juga meyakini  bahwa demand terhadap rupiah masih cukup tinggi karena banyak perusahaan yang termasuk ke dalam genuine demand. Genuine demand, menurutnya, adalah demand yang timbul bukan karena spekulasi.

“Jadi, genuine demand muncul karena dia memang harus bayar impor, bayar hutang, dan itu masih cukup besar,” ujarnya.

Advertisement

Hartadi memastikan bahwa Bank Indonesia akan selalu memonitor likuiditas di pasar sehingga pergerakan nilai tukar rupiah tidak volatile. Sebelumnya, level terkuat rupiah terhadap dollar AS pada 2012 ini terjadi pada Kamis (2/2) yang berada di level 8.892 per US$

Advertisement
Rini Yustiningsih - Jurnalis Solopos Media Group, menulis konten di media cetak dan media online.
Kata Kunci : Kurs Rupiah
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif