news
Langganan

PESAWAT BATIK AIR TERGELINCIR : Kemenhub Bekukan Penerbangan Rute Jakarta-Yogya - Espos Indonesia dari Solo untuk Indonesia | Espos.id

by Jibi Solopos Newswire  - Espos.id News  -  Sabtu, 7 November 2015 - 10:15 WIB

ESPOS.ID - Pesawat Batik Air tergelincir di Bandara Adi Sutjipto Jogja. (Harian Jogja/Sunartono)

Pesawat Batik Air tergelincir di Bandara Adisutjipto, Jumat (6/11/2015) siang.

Esposin, JAKARTA-Pesawat Batik Air 6380 Jakarta-Yogyakarta, Jumat (6/11/2015) siang, tergelincir di Bandara Adi Sucipto. Kemenhub pun langsung membekukan rute dengan jadwal tersebut.

Advertisement

"Sudah dibekukan untuk Batik Air dengan rute itu," ungkap Kepala Pusat Komunikasi Publik Kemenhub JA Barata saat dihubungi detikcom, Sabtu (7/11/2015) pagi.

Meski begitu, kata Barata, tidak semua jadwal penerbangan Batik Air rute Jakarta-Yogyakarta yang dibekukan. Hanya jadwal yang sama dengan pesawat yang tergelincir di Adisutjipto itu.

"Iya, Batik Air rute Jakarta-Yogyakarta untuk yang jam sekitar jam 14.00 WIB itu. Sudah ada keputusannya," ucap Barata.

Advertisement

Pesawat yang tergelincir tersebut membawa 160 penumpang dan beruntung semuanya selamat, termasuk para kru. Keberangkatan pesawat itu adalah dari Bandara Soekarno-Hatta, Cengkareng, Jakarta.

Menurut Barata, pihaknya telah menyampaikan keputusan pembekuan kepada pihak Maskapai Batik Air. Itu disampaikan melalui surat keputusan.

"Sudah disampaikan ke Batik Air melalui surat Dirjen Perhubungan Udara," tuturnya.

Advertisement

Lalu, apakah sudah ditemukan indikasi mengenai penyebab tergelincirnya pesawat? "Itu urusan KNKT. Tunggu mereka saja yang merilis," tukas Barata.

Evakuasi pesawat yang tergelincir di Yogyakarta itu juga baru saja selesai dilakukan. Proses pemindahan pesawat dari lokasinya tergelincir di luar landasan pacu membutuhkan waktu sekitar 6 jam. Setelah beberapa upaya penarikan gagal dilakukan, kini pesawat Batik Air tersebut sudah dibawa ke apron.

Advertisement
Anik Sulistyawati - Jurnalis Solopos Media Group, menulis konten di media cetak dan media online.
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif