news
Langganan

PESAWAT AIRASIA DITEMUKAN : Ada Kemungkinan Black Box Jatuh saat Evakuasi Ekor Pesawat - Espos Indonesia dari Solo untuk Indonesia

by Adib Muttaqin Asfar Newswire Jibi  - Espos.id News  -  Minggu, 11 Januari 2015 - 10:30 WIB

ESPOS.ID - Potongan bagian ekor pesawat AirAsia QZ8501 ditarik ke atas kapal Crest Onyx, setelah berhasil diangkat dari dasar laut dengan menggunakan "floating bag" oleh tim penyelam gabungan TNI AL, di perairan Laut Jawa, Sabtu (10/1). (JIBI/Solopos/Antara/R. Rekotomo)

Pesawat Airasia ditemukan, namun posisi black box belum jelas. Muncul dugaan black box jatuh saat evakuasi ekor pesawat berlangsung.

Esposin, JAKARTA -- Black box pesawat Airasia QZ-5801 belum juga ditemukan meskipun ekor pesawat itu sudah diangkat ke permukaan. Black box dipastikan tidak berada di ekor pesawat dan ada kemungkinan telah jatuh, termasuk saat proses pengangkatan.

Advertisement

Hal itu dimungkinkan mengingat kondisi ekor yang lebih rusak saat diangkat dibandingkan saat masih terendam di dasar laut. Sekjen Asosiasi Kontraktor Bawah Laut, Arif Faisal, menyebut ekor pesawat berantakan saat berada di kapal Crest Onyx, Sabtu (10/1/2014) lalu.

"Saya ucapkan selamat kepada Panglima TNI Jenderal Moeldoko atas keberhasilan pengangkatan ekor pesawat. Tapi catatan sedikit, ekornya berantakan, mungkin bisa lebih hati-hati menggunakan crane kapasitas 7 ton," kata Arif Faisal via telepon yang ditayangkan live di Kompas TV, Sabtu.

Menurut Arif Faisal, bentuk ekor pesawat masih lumayan bagus saat masih di dasar laut. Rusaknya ekor pesawat tersebut memang menjadi risiko dalam pengangkatan. Namun risiko paling besar adalah kemungkinan jatuhnya black box dari ekor pesawat saat evakuasi.

Advertisement

"Yang saya khawatirkan, kalau ada black boxnya bisa jatuh, itu bisa jadi, saya lihat masih belum ditemukan, kalau masih di situ dan ada tim KNKT, seharusnya bisa ditemukan segera," katanya.

Hal yang sama dikatakan pengamat penerbangan, Budi Soedibyo. Menurut Budi, tim penyelam perlu menyusuri sekitar area evakuasi ekor pesawat untuk memastikan keberadaan black box tersebut tidak tertinggal.

Advertisement
Advertisement
Adib Muttaqin Asfar - Jurnalis Solopos Media Group, menulis konten di media cetak dan media online.
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif