news
Langganan

PENERIMAAN PAJAK JATENG II Peringkat 9 - Espos Indonesia dari Solo untuk Indonesia | Espos.id

by Hijriyah Al Wakhidah Jibi Solopos  - Espos.id News  -  Senin, 16 Juli 2012 - 07:20 WIB

ESPOS.ID - Ilustrasi (Dok/JIBI/Bisnis Indonesia)

SOLO—Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Pajak (Kanwil DJP)  Jawa Tengah II berhasil menempati peringkat sembilan secara nasional untuk pertumbuhan pencapaian pajak per semester pertama 2012.

Advertisement

Pejabat Humas Kanwil DJP Jateng II, Rakhmad Basuki, dalam siaran pers yang diterima Esposin, akhir pekan kemarin, menyebutkan penerimaan pajak di Kanwil DJP Jateng II mengalami pertumbuhan sebesar 31,04%. Nilai penerimaan pajak itu sendiri sudah tercapai 40,69% dari target yang ditetapkan sebesar Rp4.761.843 triliun (tanpa PBB).

Dia merinci, pajak penghasilan (PPh) sudah tercapai 42,90% dari target Rp2,88 triliun dan mengalami pertumbuhan 27,22% dari periode yang sama tahun lalu. Sementara, pajak pertambahan nilai (PPn) dan PPn Barang Mewah (PPnBM) sudah terealisasi 37,56% dari target Rp1,696 triliun atau tumbuh 41,52%. Terakhir, lanjut dia, pajak bumi dan bangunan (PBB) dan pajak lainnya tercapai 34,82% dari target Rp183,75 miliar  dengan angka pertumbuhan 13,12%.

Kepala Kanwil DJP Jateng II, Bambang Is Sutopo menyampaikan pencapaian pajak semester I tahun ini tidak lepas dari upaya sosialisasi perpajakan yang digencarkan pihak kantor pajak. Pihaknya pun menghimbau kepada seluruh account representative (AR) pajak untuk meningkatkan pola pengawasannya kepada wajib pajak. “Semua upaya-upaya untuk memaksimalkan potensi pajak kami lakukan,” kata Bambang.

Advertisement

Edukasi dan sosialisasi kepada seluruh stakeholder terutama asosiasi-asosiasi usaha juga rutin dilakukan pihak Kanwil DJP. Pihaknya berharap, target pajak yang ditetapkan tahun ini bisa terealisasi.

Advertisement
Advertisement
Tutut Indrawati - Jurnalis Solopos Media Group, menulis konten di media cetak dan media online.
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif